SOLOPOS.COM - Pembangunan kawasan pedestrian di sepanjang Jalan Sugiman di Desa Margosari, Kecamatan Pengasih, sebagai salah satu proyek penataan Kota Wates, Senin (6/10/2014). (JIBI/Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

3 Lokasi jalan di Kulonprogo mendapat alokasi pembangunan trotoar tahun ini

Harianjogja.com, KULONPROGO – Penataan trotoar perkotaan Wates tahun ini kembali dilanjutkan dengan nilai pembangunan mencapai Rp1,71 miliar.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kulonprogo memfokuskan pembangunan dan perbaikan difokuskan di tiga titik lokasi.

Kabid Cipta Karya DPU Kulonprogo Zahram Asurawan mengungkapkan, penataan Kota Wates masih difokuskan untuk pembangunan kawasan pedestrian. Sebagian besar jalan di ibu kota kabupaten ini masih belum memiliki kawasan khusus pejalan kaki.

“Saat ini fokus penataan baru untuk pembangunan trotoar. Tahun ini sedang dimulai perencanaannya dan target 2016 semua trotoar di Kota Wates sudah optimal,” ujar Zahram saat ditemui Harian Jogja di kantornya, pekan lalu.

Zahram mengatakan, tahun ini pembangunan dan perbaikan trotoar akan dilaksanakan di tiga titik. Selain melanjutkan penataan trotoar di Jalan Sugiman yakni kawasan perkantoran SKPD Kulonprogo, pembangunan trotoar akan dilakukan di Jalan Sutijab dan Jalan Mundu yang berada di kawasan kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dia menambahkan, trotoar di sejumlah ruas jalan sudah banyak yang rusak dan hancur. Bahkan, beberapa ruas jalan belum dilengkapi trotoar.

Trotoar di Jalan Sugiman telah mulai ditata sejak tahun lalu, namun masih ada yang belum selesai.

“Tanggul Sungai Serang yang ada di kawasan itu belum ada perbaikan. Jadi kami belum berani melanjutkan pembangunan trotoar di kawasan tersebut. Penataan Jalan Sugiman ini juga nantinya akan dilebarkan sekitar satu meter. Selain itu, pada anggaran perubahan nanti kami berencana mengusulkan pembangunan trotoar ke arah RSUD Wates,” jelas Zahram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya