SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

GUNUNGKIDUL—Pantai Parangendog di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Minggu (27/1/2013) nyaris menewaskan tiga wisatawan asing. Tiga warga negara Rusia terseret arus pantai di perbatasan Gunungkidul dan Bantul itu. Beruntung, ketiganya selamat dari maut.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Seorang dari mereka berhasil menyelamatkan diri ke tepi dan dua lainnya Tim SAR Parangtritis Bantul. Dua wisatawan yang diselamatkan Tim SAR,  Alena Egorova, 22 dan Dimitry Ignatov, 21 hampir satu jam terapung tengah lautan.

“Keduanya lemas karena terlalu banyak minum air laut dan terapung-apung di tengah lautan,” kata Moh Arif Nugraha, seorang sukarelawan Tim SAR Parangtritis Bantul kepada Harian Jogja, Minggu (27/1/2013).

Menurutnya kejadian itu bermula sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu para pengunjung pantai mengabarkan adanya pengunjung yang terseret ombak. Enam sukarelawan SAR Bantul dan seorang oetugas Polairud Polda DIY langsung berenang menuju lokasi yang jaraknya lebih dari 300 meter dari bibir pantai. Upaya pertolongan tidak berjalan mulus karena ombak tinggi.

Komandan Tim SAR Pantai Parangtritis Ali Sutanto menambahkan turis asal Rusia itu datang untuk berlibur. Rombongan tersebut terdiri dari enam orang, tiga di antara mereka hanya bermain di tepi pantai. Adapun tiga lain tanpa mengenakan pelampung nekat berenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya