SOLOPOS.COM - IST

IST

KULONPROGO—Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kulonprogo menetapkan empat titik sebagai lokasi alternatif pembangunan Taman Budaya Kulonprogo (TBK).

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kepala Disbudparpora, Eko Wisnu Wardhana, saat ditemui Harian Jogja, Rabu (22/2) mengatakan, empat lokasi itu yakni Desa Triharjo Kecamatan Wates, Desa Pengasih Kecamatan Pengasih, Desa Hargowilis Kecamatan Kokap, dan Desa Pendoworejo Kecamatan Girimulyo. Untuk luas tanah, diperkirakan membutuhkan dua hektare.

Dalam dokumen perencanaan detail engineering design (DED) yang kini tengah menunggu pelelangan pihak ketiga yang menjadi pelaksana perumusan dokumen, dirinya mengatakan, setidaknya ada tiga bangunan utama yang menjadi prioritas, yakni auditorium lengkap dengan fasilitas lighting dan kebutuhan pentas, gedung pertunjukan (indoor) berstandar nasional lengkap dengan AC, serta pusat kegiatan seni dan budaya berskala nasional.

Ditegaskan Eko Wisnu, meski dokumen perencanaan masih dalam tahap pelelangan pihak ketiga, dirinya mengaku telah berkomunikasi dengan Pemprov DIY, sehingga nantinya diharapkan ketika dokumen selesai, Pemprov bisa mengalokasikan pembangunan fisik pada anggaran 2013. ”Setidaknya, kami sudah mengomunikasikannya dengan pihak pemerintah provinsi,” akunya.

Terpisah, Kepala Seksi Pelayanan Data dan Informasi Disbudparpora yang juga bertindak sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk DED TBK mengatakan, pada dasarnya pada 2012 ini pihaknya menganggarkan pembuatan dua DED. ”Selain TBK, kami juga merumuskan DED Suroloyo (Kecamatan Samigaluh),” ucapnya.(Harian Jogja/Arief Junianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya