SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Sebanyak 42 peristiwa kebakaran terjadi di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sepanjang tahun tahun ini atau sejak Januari hingga Oktober 2022. Masyarakat pun diminta mewaspadai potensi kebakaran, meski pun saat ini telah memasuki musim penghujan.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Handoko mengatakan, kebakaran terakhir terjadi di Dusun Jelok, Pacarejo, Semanu. Rumah milik Sutarto, 39, ludes terbakar dilahap si jago merah, pada Kamis (20/10/2022) dini hari.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Kejadiannya sekitar Kamis dini hari, pukul 03.00 WIB,” kata Handoko, Kamis siang.

Menurut dia, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, karena pemilik bersama keluarganya sedang bertamu ke saudara. Meski demikian, akibat peristiwa ini Sutarto mengalami kerugian sekitar Rp75 juta. “Bangunannya rata dengan tanah,” katanya.

Handoko menambahkan, peristiwa kebakaran di Dusun Jelok hanya salah satu kasus yang terjadi. Pasalnya, sejak awal Januari hingga akhir Oktober ini tercatat ada 42 kejadian.

Baca juga: Diduga Jadi Korban KDRT, Ibu Rumah Tangga di Gunungkidul Meninggal Dunia

Ia mengakui, dari jumlah tersebut, petugas pemadam kebakaran berhasil menangani sebanyak 29 kasus. Adapun 13 kasus lainnya ditangani oleh sukarelawan dengan bantuan warga di sekitar terjadinya kebakaran. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di Gunungkidul,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha (TU), UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Ngadiyono. Menurut dia, dampak kebakaran yang terjadi di Gunungkidul hanya menimbulkan korban materiel.

Total dari 42 peristiwa ini menimbulkan kerugian sekitar Rp1,886 miliar. “Mayoritas kebakaran terjadi pada rumah. Tapi ada juga yang menimpa kandang, maupun pabrik milik warga,” katanya.

Baca juga: Kebakaran Hebat, Kubah Masjid Jakarta Islamic Center Ambruk

Berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan, peristiwa kebakaran banyak disebabkan karena tungku atau perapian sebanyak 21 kasus. Adapun 21 kasus lainnya terjadi karena beberapa macam seperti hubungan arus pendek listrik hingga mesin pemanas yang mengalami kerusakan.

Artikel ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Belum Setahun, 42 Kebakaran Terjadi di Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya