SOLOPOS.COM - ilustrasi (ecoglitz.com)

ilustrasi (ecoglitz.com)

JOGJA—Enam burung penguin asal Afrika akan menambah koleksi Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka pada akhir 2012. Burung kutub jenis Jackass dan Flamingo itu akan ditempatkan di zona burung.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Direktur KRKB Gembira Loka, Djoko Tirtono mengatakan, keenam penguin yang akan hadir di KRKB Gembira Loka tidak didatangkan secara langsung dari Afrika. “Itu atas bantuan dari Singapore Zoo ,” kata Joko, Jumat (9/3).

Ia menambahkan, jenis penguin Afrika hidup di daerah sub-tropis dengan suhu antara 20-25 derajat celcius. Dengan demikian, untuk mempersiapkan kedatangan koleksi barunya, Gembira Loka tengah merancang kandang khusus. Hingga akhir 2011 pihaknya telah mengirim tim perancang kandang ke Singapore Zoo untuk mempelajari rancangan yang tempat bagi penguin.

Rencananya, kandang akan dibangun April mendatang. Karena bukan termasuk hewan tropis, penguin akan mendapatkan perlakuan khusus di antaranya pemenuhan suhu udara di kandang.

KRKB Gembira Loka saat ini memiliki sekitar 1.400 ekor hewan. Koleksi paling banyak berupa hewan laut, sementara jenis mamalia masih sedikit. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya