SOLOPOS.COM - Warga mengamati bangunan yang rusak diterjang gelombang besar. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Warga mengamati bangunan yang rusak diterjang gelombang besar air laut di Pantai Depok, Bantul, Jumat (20/9).

Harian Jogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mencatat, sepanjang 2013, abrasi telah menghancurkan 80 rumah di tiga pantai di Bantul. Sebanyak 69 di antaranya telah hilang ditelan ombak.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto, menyatakan, abrasi telah menghancurkan puluhan rumah di tiga pantai yakni Kuwaru, Samas dan Depok. Kehancuran paling banyak terjadi di Pantai Kuwaru Kecamatan Sanden.

Di tempat ini, sebanyak 51 bangunan warung makan, tempat parkir dan sarana MCK lenyap, sedangkan sebanyak 25 lainnya yang kini terancam abrasi.

Di Pantai Samas, 18 rumah hilang dan dua lainnya terancam terkena abrasi. Di pantai ini tak hanya warung makan yang hilang, namun juga rumah tinggal, tempat pelelangan ikan (TPI) dan penangkaran penyu ikut lenyap.

Sedangkan di Pantai Depok yang baru saja terkena abrasi pekan lalu, tujuh rumah dilaporkan rusak dan sembilan lainnya terancam.  Di luar itu, masih terdapat ratusan bangunan lainnya di sepanjang pantai tersebut yang berjarak tak sampai 200 meter dari bibir pantai.

Menurut Dwi, abrasi hanya merusak bangunan di tiga pantai itu karena hanya di tempat-tempat itulah yang masih berdiri bangunan pada jarak kurang dari 200 meter dari bibir pantai.

“Di pantai lain mulai Pandansimo, Pantai Baru, Pandansari, Gua Cemara, Parangkusumo dan Parangtritis enggak ada bangunan yang terkena karena jarak dari pantai jauh,” terang Dwi, Senin (23/9/2013).

Dampak abrasi di pesisir Bantul sepanjang 2013

Pantai Kuwaru
51 bangunan hilang
25 bangunan terancam

Pantai Depok
1 bangunan rusak berat
6 bangunan rusak sedang
9 bangunan terancam

Pantai Samas
18 bangunan hilang
2 bangunan terancam

Sumber : BPBD Bantul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya