SOLOPOS.COM - Stadion Mandala Krida Jogja. (bpo-diy.or.id)

Solopos.com, JOGJA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memberikan lampu hijau terkait renovasi dan penambahan fasilitas Stadion Mandala Krida yang sempat terganjal karena kasus hukum. Persetujuan itu diperoleh setelah Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta bersurat secara langsung dengan komisi antirasuah tersebut.

Stadion Mandala Krida sebelumnya mendapat status rusak berat berdasarkan peninjauan dari sejumlah pihak beberapa waktu lalu. Stadion yang menjadi markas PSIM Jogja itu pun sempat mau direnovasi berbarengan dengan sejumlah stadion lain di Indonesia, tapi urung terlaksana lantaran tersandung kasus hukum.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Sudah dijawab KPK. Silakan dibangun tapi bersama dengan KPK harus menghitung 0-nya itu di mana. Artinya ini lo yang proses hukum sampai ini, nanti yang ditingkatkan mana, kan gitu,” kata Sekda DIY Beny Suharsono, Rabu (20/3/2023).

Dia menjelaskan tindak lanjut yang perlu dilakukan adalah tinjauan langsung dari KPK RI, Kementerian PUPR, dan PSSI untuk menentukan titik kerusakan mana saja di Stadion Mandala Krida yang boleh diperbaiki dan mana yang belum boleh diperbaiki karena tersangkut kasus korupsi.

“Kami sudah minta Kementerian PU, anggaran kan sangat besar, kita berbagi. Waktu itu sudah disetujui tapi ya ga jadi karena bermasalah. Kalau pakai APBD kan minim sekali, belum bisa,” ujarnya.

Kepala BPO DIY, Priya Santosa, menyampaikan jika Stadion Mandala Krida akan direnovasi dan diperlengkap fasilitasnya harus ada perhitungan berita acara sesuai dengan surat dari KPK untuk melihat posisi dan batasannya. Di sisi lain anggaran pun belum diketahui lantaran menjadi kewenangan dari Kementerian PUPR jika jadi direnovasi.

“Kemarin surat pernyataan itu sudah kami sampaikan. Tapi dari PUPR belum menjawab mungkin baru diproses karena baru pekan kemarin kami layangkan jawab pertanyaan dari KPK,” ungkapnya.

Priya menuturkan, Stadion Mandala Krida masih butuh banyak aspek yang harus dilengkapi jika ingin berstandar internasional. Misalnya fasilitas single seat, lampu, skoring box, dan beberapa sarana pendukung lainnya yang belum ada.

“Sebenarnya kalau tidak ada masalah setelah selesai itu kan kami mungkin ke tahap berikutnya kita bikin single seat-nya, lampu dan seterusnya. Karena ada permasalahan kan jadi terhenti,” ucapnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul KPK Izinkan Renovasi Stadion Mandala Krida Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya