SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalur pendestrian Warga menumpang becak saat melintas di Jalan Malioboro, Jogja. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, JOGJA — Kegiatan Parade Seni Budaya Lintas Etnis yang rencananya pada Sabtu (3/6/2023) di Jalan Malioboro hingga Titik Nol Jogja batal digelar. Pembatalan ini menyusul ada rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kota Jogja.

Pawai budaya yang rencananya dimeriahkan dengan beragam atraksi seni tersebut digelar untuk memeriahkan HUT ke-76 Pemkot Jogja. Pembatalan pawai ini karena tidak mendapa izin dari Polresta Jogja.

Promosi Fakta Nyamuk Wolbachia, Si Kecil Pencegah DBD

“Informasi dari Kesbangpol Kota Jogja kegiatan tersebut menyebut penundaan karena Presiden Jokowi akan mengunjungi Jogja pada 1-4 Juni nanti,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Jogja, Edy Sugiarto, Kamis (1/6/2023).

Dia menuturkan Polresta Jogja akan mengamankan ring satu Istana Kepresidenan Jogja saat Presiden Jokowi berada di sana.

“Karena itu kegiatan keramaian di ring satu tersebut tidak diizinkan termasuk pawai nanti, akan kami tunda ke hari lain,” jelasnya.

Kepala Bidang Politik dan Ormas Kesbangpol Jogja, Wiwid Widyastuti, mengatakan pawai ini bertujuan menjadi ajang pertemuan lintas budaya, suku, etnis, dan semacamnya agar Kota Jogja semakin rukun dan tentram.

Dia menyebut pawai tersebut merupakan bentuk fasilitasi Pemkot Jogja untuk mewadahi berbagai perbedaan lewat seni budaya.

“Dituangkan dalam parade agar membawa kegembiraan dari setiap perbedaan yang ada, apalagi mau pemilu juga kan harapannya Jogja tetap aman dan kondusif,” terangnya.

Puncak peringatan HUT ke-76 Pemkot Jogja sendiri akan digelar pada 7 Juni nanti dengan tumpengan di halaman balai kota.

“Ada beberapa agenda HUT Pemkot ini dimulai dengan kegiatan Yogowes Napak Tilas 76 tahun Pemkot Jogja,” kata Wiwid.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Jokowi Berkunjung ke Jogja, Parade Seni Budaya Lintas Etnis Ditunda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di WhatsApp Komunitas dengan klik Solopos News Update dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Solopos Stories
Berita Lainnya