SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Agenda Seni Jogja akan menampilkan pantomim anak SD di Taman Budaya
Harianjogja.com, JOGJA-Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) akan tampil berpantomim dalam Festival Pantomim 2016 di Concert Hall Taman Budaya Jogja, pada Jumat-Sabtu (22-23/4/2016) mendatang.

Ketua Panitia Wasdiyana pada Selasa (19/4/2016) mengungkapkan, sedianya ada lima penampil yang akan unjuk kebolehan mempraktikkan seni pantomim di hadapan penonton, salah satunya kelompok dari SD Muhammadiyah Sapen, sebanyak 75 siswa SD putra-putri kelas II – V akan membawakan cerita Radio Mbah Darmo.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Festival yang digelar mulai pukul 19.30 WIB ini juga akan menampilkan Sanggar Sapu Lidi (Wonosobo) dengan lakon berjudul: Hijau Bumiku Hijau Negeriku. Selain itu Mime Community juga akan turut meramaikan acara, dengan membawa lakon yang berjudul: Dirigent, sedangkan Malmime-Ja & Mila Art Dance akan menampilkan garapan lakon Perempuan di Titik Nol (KM).

“Sebagai penutup akan tampil Deaf Art Community, yang membawakan karya Mencari Jatayu. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis,” tuturnya dalam rilis diterima Harian Jogja.

Kepala Taman Budaya Jogja Diah Tutuko Suryandaru menyebutkan, Festival Pantomim ini merupakan program yang digagas untuk menumbuhkembangkan seni pantomim di Jogja. Karena, pantomim sebagai seni yang menggunakan gerak tubuh sebagai media ekspresi, selama ini terbilang kurang diminati oleh generasi muda.

“Pergelaran Pantomim 2016 ini menjadi media pembinaan yang efektif bagi generasi muda. Harapannya agar generasi muda mengenal dan tertarik untuk mengembangkan seni pantomim di Jogja,” ungkap Diah.

Taman Budaya Jogja, imbuh dia, merupakan UPTD Dinas Kebudayaan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang memiliki tugas sekaligus tanggung jawab untuk mengembangkan seni pertunjukan di Jogja. Seni pantomim menjadi satu seni yang akan terus dikembangkan sehingga semakin mengukuhkan Jogja sebagai kota budaya.

Menurutnya, dengan tumbuh dan berkembangnya seni pantomim di Jogja, niscaya akan memberikan pengaruh yang positif terhadap perkembangan seni di Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya