SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin sidang kabinet pertama bersama para menteri Kabinet Kerja di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta seusai acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan para menteri, Senin (27/10/2014). Presiden memberikan arahan kepada para menteri agar langsung bekerja serta meminta agar menteri koordinator langsung melakukan koordinasi dengan para menteri di jajaran masing-masing. (Yayus Yuswoprihanto/JIBI/Bisnis)

Agenda Wakil Presiden dan Presiden RI

Harianjogja.com, JOGJA  – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) memiliki gaya berbeda tetapi juga memiliki kesamaan saat menjalankan perannya sebagai pemimpin negara. Termasuk saat keduanya bertugas ke Yogyakarta sejak awal 2016 ini. Apa saja itu?

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Joko Widodo
Sejak menjabat sebagai Walikota Solo hingga kini menjadi Presiden RI, Jokowi dikenal sebagai sosok yang bersahaja tetapi tegas dan suka blusukan. Sebagai Kepala Negara, tugas yang sering diemban Jokowi selama di Jogja merupakan upaya diplomasi (Baca Juga : AGENDA PRESIDEN : Jokowi Bertemu Menlu dan Panglima Tentara 3 Negara di Jogja)

Selain itu, dia juga mendorong setiap pihak mengawal kemajuan bangsa (Baca Juga : AGENDA PRESIDEN : Soal Perdagangan Bebas, Jokowi Minta PT Kalkulasi)

Jokowi dapat dikatakan memiliki hubungan erat dengan Jogja. Pasalnya dia pernah menghabiskan waktu selama beberapa tahun kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). Karena alasan ini, Jokowi terlihat sering hadir di Jogja seperti dalam acara KONGRES UMAT ISLAM VI : Jokowi Hadiri Acara Penutupan atau AGENDA PRESIDEN : Jokowi Buka Konferensi FRI di UNY.

Presiden juga diagendakan datang saat Jumenengan Paku Alam X. Adapun karena kesibukan, agenda tersebut terpaksa dibatalkan (Baca Juga : JUMENENGAN PAKU ALAM X : Jokowi Batal Hadir di Jumenengan Paku Alam X).

Selebihnya, daerah istimewa ini menjadi kota transit. Posisi Bandara Adisutjipto, Jogja yang dekat dengan sejumlah daerah di Jogja menjadi penyebab (Baca Juga : AGENDA PRESIDEN : Berikut Agenda Presiden Jokowi Long Weekend Ini). Di samping itu, letak Jogja-Solo yang dekat terkadang membuat Presiden memilih pulang kampung saat bertugas di DIY.

Jusuf Kalla
Jusuf Kalla dikenal sebagai tokoh yang dekat dengan konflik lantaran pria asli Makassar ini kerap didaulat sebagai Juru Damai di daerah-daerah konflik. Pendekatan yang humanis tetapi realistis dan mengedepankan kearifan lokal serta perundangan RI merupakan cara yang diterapkan JK.

Karena alasan ini pula, selain menjalankan tugas kenegaraan, JK sering membalut kehadirannya dengan sentuhan lebih personal. Misal menghabiskan pergantian tahun 2015 ke 2016 bersama keluarga di Jogja. JK dan keluarga juga menyempatkan diri mengunjungi Sultan di Kraton Jogja (Baca Juga : AGENDA WAPRES : JK & Keluarga Kunjungi Sultan, Apa Saja yang Dilakukan?). Dia juga berusaha menyediakan waktu ke Puro Pakualaman, Jogja saat mengetahui Paku Alam IX meninggal (Baca Juga : AGENDA WAPRES : Mampir ke Puro Pakualaman Lima Menit, JK Ucapkan Belasungkawa)

Perhatian yang besar itu juga diberikan wapres kepada publik. Tepatnya saat dia menjadi Imam di Masjid Gedhe. (AGENDA WAPRES : Jumatan di Masjid Gedhe, Ini Isi Ceramah Jusuf Kalla.)

Sebagai seorang pebisnis, Wapres juga menaruh perhatian yang besar bagi usaha mikro. Karena itu, dia tak segan berkunjung ke UMKM di DIY, seperti Jusuf Kalla Tandatangani JKW, Jam Kayu Asal Kulonprogo atau FOTO AGENDA WAPRES : JK Kunjungi Pengrajin Sepatu Lokal.

Lalu Apa Persamaan Jokowi dan JK?
Meski memiliki gaya yang berbeda, keduanya dapat dikatakan cukup kompak, terutama mengenai Bandara Kulonprogo. Adapun Presiden dan Wapres berharap pembangunan bandara baru tersebut dapat segera direalisasikan, BANDARA KULONPROGO : Presiden : Pembangunan untuk 30-50 Tahun Ke Depan dan AGENDA WAPRES : 2019 Bandara Kulonprogo Ditarget Beroperasi, Ribuan SDM Diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya