SOLOPOS.COM - Proses pemasangan saluran jaringan air bersih oleh petugas PDAM Tirta Binangun di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Selasa (11/8/2015). (Harian Jogja/ Rima Sekarani I.N)

Air bersih Bantul akan semakin mudah didapat oleh masyarakat berpenghasilan rendah

Harianjogja.com, BANTUL-Dalam rangka mencapai target 1.500 sambungan baru, pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Bantul mulai membuka pendaftaran pemasangan baru untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Pendaftaran itu mereka buka setidaknya hingga tanggal 31 Desember mendatang.

Direktur PDAM Tirta Dharma Yudi Indarto mengatakan, program yang digagas oleh pemerintah pusat itu diharapkannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memasang jaringan air bersih. Dengan begitu, saat musim kemarau, angka masyarakat yang terdampak kemarau pun bisa ditekan.

Lantaran program itu memang diperuntukkan bagi MBR, diakui Yudi, tarifnya pun disesuaikan. Jika untuk pemasangan reguler, pihaknya mematok tarif sebesar Rp750.000, untuk program MBR, tarif pemasangan jaringan dipatoknya hanya sebesar Rp250.000 saja.

Itulah sebabnya, agar program tersebut tepat sasaran, pihaknya menerapkan beberapa syarat pendaftaran. Di antaranya adalah calon pelanggan harus memiliki daya listrik maksimal 1.300 VA, serta lokasi rumah yang tidak jauh dari jaringan PDAM. “Selain itu, KTP juga harus berdomisili di Bantul,” kata Yudi.

Dikatakannya, selama musim kemarau panjang pertengahan tahun ini, sumber air baku di Bantul mengalami penurunan hingga 30%. Ketika itu, pihak PDAM yang mulai mengalihkan pengambilan air baku dari air tanah ke air permukaan. Hal itulah yang jelas berimbas pada meningkatnya kapasitas pemakaian listrik yang berujung pada terjadinya peningkatan ongkos produksi hingga mencapai 20%.

Beruntungnya, kini pihak PDAM Tirta Dharma Bantul mendapatkan bantuan 2 unit instalasi pengolahan air berkapasitas 50 liter per detik di kawasan Trimulyo dan Pajangan. Bantuan itu diakuinya diberikan oleh Satuan Kerja Peningkatan Kinerja Pengembangan Air Minum (Satker PKPAM) DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya