SOLOPOS.COM - Warga Bareng antre air antaran BPBD, Sabtu (27/6/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Syaiful Arif)

Air bersih selama musim kemarau diatasi dengan program MBR.

Harianjogja.com, BANTUL-Direktur PDAM Tirta Dharma Yudi Indarto, mengakui Program pemasangan instalasi air minum murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dari pemerintah pusat itu sebenarnya sangat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat akan air minum. Pasalnya, dengan adanya program tersebut, masyarakat bisa menikmati fasilitas pemasangan sambungan air murah.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Untuk pemasangan instalasi, masyarakat cukup membayar Rp250.000 saja. Padahal, kalau untuk pemasangan reguler tarifnya Rp750.000,” ucapnya, Minggu (9/8/2015).

Hingga kini, ia jumlah pelanggan PDAM Tirta Dharma sudah mencapai 22.500 pelanggan. Untuk tahun ini, pihaknya menargetkan penambahan jumlah pelanggan sebanyak 1.000 pelanggan.

“Sampai saat ini sudah 800 pelanggan. Saya optimistis, akhir bulan ini [Agustus], kami bisa capai 1.000 pelanggan itu,” tegasnya.

Itulah sebabnya, dengan adanya program MBR tersebut, ia berharap bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan baru. Dengan begitu, ongkos produksi air baku yang dalam waktu dekat akan mengalami peningkatan sebanyak 20% pun bisa terganti oleh jumlah pelanggan yang meningkat itu.

Seperti diberitakan, dalam waktu dekat, pihak PDAM Tirta Dharma memang akan memfokuskan pengambilan sumber air permukaan, yakni di Sungai Progo. Pasalnya, ia tak memungkiri, jumlah titik sumber air dari sumur dalam di Bantul sudah semakin berkurang. Sementara di musim kemarau panjang seperti saat ini, produksi air baku PDAM Tirta Dharma memang sudah mengalami penurunan 20-30%.

“Kalau ambil dari sungai, ongkos produksi memang meningkat hingga 20 persen,” akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya