SOLOPOS.COM - Sungai Progo (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Harianjogja.com, JOGJA- Sungai Progo akan menjadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang terus meningkat untuk masyarakat di Kota Jogja serta di Kabupaten Bantul dan Sleman.

“Perencanaan untuk pengambilan air dari Sungai Progo sudah ada, tinggal finalisasinya. Semuanya berada di bawah koordinasi Pemerintah DIY karena ada keterlibatan dari pemerintah pusat yaitu Dirjen Pengairan dan Cipta Karya,” kata Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kota Jogja, Toto Suroto, Selasa (16/9/2014).

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Rencana pengambilan air di Sungai Progo tersebut merupakan bagian dari pengembangan sistem penyediaan air minum yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan air minum masyarakat hingga 2030.

Pemerintah Kota Jogja telah menindaklanjuti rencana tersebut dengan mengeluarkan Peraturan Walikota Jogja Nomor 44 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum.

Pengambilan air dari Sungai Progo direncanakan dilakukan di dua titik yang berlokasi di Bantar Sedayu Bantul dengan debit 400 liter per detik dan di Kebonagung Minggir Sleman dengan debit 300 liter per detik.

“Air dari sungai tersebut tentunya akan diproses sebelum didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya yang menyebut air Sungai Progo cukup melimpah dan selama ini baru dimanfaatkan untuk irigasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya