SOLOPOS.COM - Kondisi sungai bawah tanah Baron yang mengalami banjir akibat cuaca ekstrem yang melanda wilayah Gunungkidul. Kamis (16/2/2023). - istimewa Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Air di Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berubah menjadi cokelat. Ternyata perubahan air tersebut disebabkan banjir di sungai bawah tanah Baron di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 2 Pantai Baron, Marjono, mengatakan fenomena air di Pantai Baro yang berubah menjadi cokelat dan keruh saat ini sebenarnya bukan kejadian pertama kali. Dia mengatakan setiap terjadi hujan deras di wilayah Gunungkali kerap menyebabkan banjir di sungai bawah tanah yang bermuara di Pantai Baron.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Akhir-akhir ini terjadi cuaca ekstrem sehingga membuat sungai bawah tanah Baron banjir. Alirannya mengarah ke laut sehingga air yang di waktu normal jernih menjadi coklat,” kata Marjono, Kamis (16/2/2023).

Menurut dia, fenomena banjir di sungai bawah tanah ini seperti air terjun. Hal itu terlihat dari semburan air yang muncul dari celah-celah bebatuan di sisi barat Pantai Baron.

“Untuk kedalaman aliran sungai sekitar tiga sampai empat meter,” katanya.

Meski terjadi banjir, Marjono memastikan tidak ada kerusakan terkait dengan fasilitas di pantai maupun kapal-kapal milik para nelayan. Ia pun meminta kepada pengunjung yang bermain di Pantai Baron untuk berhati-hati agar terhindar dari musibah kecelakaan laut.

Ditambahkan dia, fenomena banjir yang berdampak terhadap air pantai menjadi cokelat tidak akan berlangsung lama. Marjono memprediksi apabila cuaca cerah dan tidak terjadi hujan deras, maka air di Baron akan kembali jernih dalam kurun waktu dua sampai tiga hari.

“Ini hanya sementara. Nanti kalau sudah tidak banjir, airnya kembali jernih,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Air di Pantai Baron Gunungkidul Berubah Coklat, Ini Penyebabnya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya