SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Handayani di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan pengolahan air Sungai Oya bisa menyuplai 20 ribu kepala keluarga hingga akhir 2014.

Dirut PDAM Gunungkidul Isnawan Febrianto mengatakan proyek yang telah menghabiskan dana Rp12 miliar yang bersumber dari APBN 2013 telah diuji coba beberapa waktu yang lalu.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

“Sudah diuji coba untuk mengetahui mana yang bocor dan belum terkoneksi. Sekarang, tinggal menunggu serah terima,” kata Isnawan.

Ia mengatakan pengolahan air Sungai Oya untuk mengaliri 20 ribu warga Kecamatan Playen. Nantinya akan dilakukan penyerahan dari penanggung jawab anggaran yakni Satuan Kerja DIY ke PDAM Gunungkidul.

“Apabila semuanya sudah selesai akan dilakukan penyerahan. Distribusi air juga bisa dilakukan ke daerah lain, misalnya Desa Bunder, Kecamatan Patuk,” kata dia.

Menurut dia, air bersumber dari Sungai Oya yang membelah perbatasan Kecamatan Patuk dan Playen. Air yang ditampung dibak penampungan, nantinya akan diendapkan dan baru disalurkan kepada masyarakat.

“Air yang keruh akan dibuang sementara air yang bersih di salurkan ke masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya