SOLOPOS.COM - Chief Service Management Officer PT XL Axiata Tbk Yessie D. Yosetya (kiri) dan VP XL East Region Desy Sari Dewi (kanan) mencoba video call saat peluncuran layanan XL 4G LTE di Surabaya, Selasa (22/9/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Zabur Karuru)

Akses internet cepat melalui layanan 4G LTE semakin diminati

Harianjogja.com, JOGJA-Layanan 4G LTE semakin memikat pelanggan. Tidak sedikit pelanggan yang kemudian mengganti simcard atau kartunya menjadi simcard 4G.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Di PT XL Axiata Tbk (XL) misalnya, terjadi kenaikan permintaan aktivasi penggantian kartu atau replace kartu 3G menjadi 4G setiap harinya. Kenaikan ini paling banyak terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Semarang, dan Bandung.

“Kenaikannya bisa mencapai 50 persen dari rata-rata 200 kartu setiap harinya,” kata kata Vice President Central Region PT XL Axiata Tbk, Sofia Purbayanti, Kamis (14/7/2016).

Menurutnya masyarakat di tiga kota besar itu sangat membutuhkan layanan 4G untuk mendukung aktivitas keseharian mereka. Untuk itu, XL fokus mengembangkan dan melengkapi ekosistem penyediaan layanan 4G LTE dengan memeperluas jaringan ke berbagai wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY.

Secara nasional, layanan 4G LTE sudah melayani 58 kabupaten/kota. Segera akan menyusul penambahan hingga mencapai 100 kabupaten/kota sampai akhir 2016.

Sofia mengatakan, dalam sehari ada sekitar lima juta masyarakat atau 12% pelanggan yang mengakses layanan 4G LTE. Angka ini meningkat signifikan dibanding periode awal saat layanan ini dikenalkan pada masyarakat.

Faktornya tak lain karena jaringan 4G LTE mampu membuat pelanggan XL menikmati kecepatan berinternet hingga 12 kali lebih cepat dari generasi 3G.

Kenaikan permintaan penggantian kartu juga terjadi pada Telkomsel. Corporate Communications Telkomsel Jawa Tengah and DIY Agus Budi Prasetiyono pada Harian Jogja mengatakan, kenaikan permintaan penggantian kartu setelah Lebaran ini mencapai 25%.

“Kalau khusus DIY, hari biasanya 800 kartu lalu setelah Lebaran ini terpantau naik 20 sampai 25 persen,” sebutnya.

Ia juga mengatakan, khusus wilayah DIY telah terjadi kenaikan penggunaan data hingga 175% selama Lebaran kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya