SOLOPOS.COM - Foto Gunung Merapi JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto

Harianjogja.com, SLEMAN – Jurukunci Merapi, Asihono atau Asih, 46 putra ketiga mendiang Mbah Maridjan melihat ada perubahan dari Gunung Merapi sebulan terakhir ini. Perubahan yang nampak jelas adalah adanya lubang di puncak Merapi di sisi Barat.

“Kalau dari tempat kami terlihat jelas Merapi sedikit berubah. Ada krowokan [lubang] di puncak Merapi sebulan terakhir ini,” kata Pak Asih panggilan akrab Asihono pada Harianjogja.com, Selasa (19/11/2013).

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Pak Asih menambahkan, pada malam hari Merapi juga nampak berbeda jika dibandingkan dengan sebelum letusan 2010. Saat ini titik api diam sering terlihat meskipun tidak setiap hari. Padahal, dulu jika terlihat titik api diam hal ini menandakan Merapi akan meletus.

“Jadi sekarang sudah ada perubahan besar pada Gunung Merapi. Secara nyata kami bisa melihat itu dan kami selalu waspada terhadap perubahan ini. Tentunya untuk bersiap jika sewaktu-waktu Merapi meletus lagi, sebab sudah dua kali Merapi meletus tanpa tanda-tanda peningkatan status,” kat Pak Asih.

Dengan perubahan ini Pak Asih juga mengimbau bagi semua warga yang tinggal dilereng Merapi untuk tetap menggtiatkan ronda malam hari. “Ronda malam hari kalau bisa terus dilakukan. Jadi kalau sewaktu-waktu ada bencana masyarakat sudah siap,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya