SOLOPOS.COM - Tangkapan layar akun Instagram Dinas Pariwisata Bantul yang mengalami peretasan, Sabtu (5/8/2023). (Instagram - dinparbantul)

Solopos.com, BANTUL — Akun Instagram milik Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul, Yogyakarta, diretas orang tidak bertanggung jawab. Peretas kemudian mengunggah berbagai konten promosi handphone atau ponsel merek iPhone seri 14 Promax di akun Instagram milik organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul itu.

Sub Koordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi, membenarkan perihal peretasan akun Instagram Dispar Bantul itu. Kendati demikian, peretasan itu baru diketahui pada Jumat (4/8/2023) pagi.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

“Benar, mulainya kemarin sekitar jam delapan pagi,” kata Markus, Jumat (4/8/2023).

Hingga berita ini ditulis, peretas belum diketahui identitasnya. Dispar Bantul, menurut Markus, telah berkoordinasi dengan Dinas Komunitkasi dan Informasi (Diskominfo) Bantul dan Universitas Teknologi Digital Indonesia (UTDI) untuk mengatasinya.

“Belum normal, tetapi sudah komunikasi dengan Diskominfo dan UTDI. Informasi tentang pariwisata sementara terhenti,”ujar Markus.

Ia menyebut Dinas Pariwisata Bantul juga sudah berhasil melacak nomor ponsel milik peretas akun Instagram tersebut. Meski demikian, nomor handphone pelaku tidak bisa dihubungi.

Upaya proses hukum diupayakan kendati begitu Dinas pariwisata masih menunggu permohonan maaf dari pelaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya