SOLOPOS.COM - Pesawat Garuda A330-300 PK-GHA sedang bersiap untuk lepas landas dari Bandara Internasional Yogyakarta ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah Arab Saudi (JED) pada Sabtu (12/8/2023). - (Harian Jogja - Istimewa)

Solopos.com, KULONPROGO — Maskapai Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan dari Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA ke Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (12/8/2023). Pembukaan rute YIA-Jeddah itu pun membuat layanan penerbangan umrah dari Jogja ke Arab Saudi bisa dilakukan secara langsung atau tanpa transit melalui Bandara YIA.

Direktur Human Capital PT Garuda Indonesia, Salman El Farisiy, mengatakan penerbangan langsung atau tanpa transit umrah YIA-JED-YIA saat ini baru dilayani satu kali dalam sepekan, tepatnya setiap hari Sabtu.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

“Harapan kami masyarakat yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya lebih nyaman karena lebih dekat apabila ingin melakukan penerbangan melalui YIA,” kata Salman dalam keterangan tertulis.

Salman menambahkan penerbangan pertama dari YIA ke JED pada Sabtu (12/8/2023) menggunakan pesawat tipe A330-300 PK-GHA dengan nomor penerbangan GA 942. Pesawat tersebut lepas landas pukul 11.05 WIB dengan membawa 216 jemaah umrah.

Ke depan, apabila animo masyarakat untuk melakukan penerbangan ke Jeddah, Arab Saudi, tinggi, maka tidak menutup kemungkinan untuk menambah jadwal penerbangan.

PGS General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta, Misranedi, mengatakan YIA siap dalam menyambut berkembangnya rute-rute penerbangan baru seperti YIA-JED.

“Dari segi fasilitas bandara, kami menyatakan siap dan menyambut baik atas potensi berkembangnya rute-rute baru,” kata Misranedi dalam keterangan tertulis.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Masmin Afif, mengatakan setiap hari terdapat jemaah umrah yang berangkat dari YIA. “Karena sekarang sudah ada penerbangan langsung, semoga ke depan semakin ramai [jemaah umrah dari YIA],” kata Afif.

Ia menambahkan Kulonprogo juga akan menjadi lokasi untuk dibangun embarkasi haji. Dengan begitu, fasilitas pendukung lain perlu dibangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya