SOLOPOS.COM - Proses pembangunan kolam pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Senin (31/7/2023). - Harian Jogja - David Kurniawan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Proyek pembangunan Pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, ditargetkan rampung dan bisa beroperasi pada awal 2024. Saat ini masih dalam proses penyelesaian bangunan pendukung untuk pengoperasian.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta, Catur Nur Amin, mengaku optimistis Pelabuhan Gesing bisa dioperasikan pada awal 2024. Hal ini tidak lepas dari perkembangan pembangunan yang sudah mendekati akhir penyelesaian.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Menurut dia, di tahun ini ada dua pengerjaan sekaligus. Pengerjaaan pertama menyelesaikan pembangunan kolam pelabuhan yang seharusnya selesai di akhir 2022 lalu. Adapun paket kedua pembangunan fasilitas pendukung kepelabuhan.

Dikarenakan adanya permasalahan teknis, pembuatan kolam molor dan ditarget selesai di akhir Oktober. Catur mengakui saat sekarang sudah tidak ada masalah karena kolam sudah jadi.

“Untuk kolam labuh dan dermaga dalam masa pemeliharaan,” kata Catur saat dihubungi, Kamis (26/10/2023).

Meski bangunan inti Pelabuhan sudah jadi, kata dia, namun masih ada yang harus diselesaikan. Pekerjaan itu menyangkut dengan paket pengerjaan pembangunan fasilitas pendukungnya.

Sesuai dengan kontrak, pengerjaan akan berakhir pada 30 November 2023. Hingga sekarang masih dilakukan penyelesaian pembangunan kantor syahbandar, mess karyawan, shelter nelayan, tangga mitigasi bencana serta lanskdap bagian depan pintu masuk ke pelabuhan.

“Terus kami pantau pengerjaannya dan saya meyakini bisa selesai tepat waktu sehingga awal tahun Pelabuhan Gesing benar-benar beroperasi,” katanya.

Lebih lanjut, Catur menyampaikan pembangunan Pelabuhan Gesing menelan anggaran mencapai Rp196 miliar.

“Memang sempat ada kendala, khususnya pembangunan kolam Pelabuhan. Tapi, sekarang sudah berjalan dengan baik,” katanya.

Dukuh Bolang, Girikarto, Sukirjo, mengatakan warga senang dengan perkembangan pembangunan Pelabuhan Gesing. Meski sempat molor, namun proses sudah bagus dikarenakan sudah hampir jadi.

Ia pun menyakini, pembangunan Pelabuhan Gesing akan segera terselesaikan sehingga keberadaan pelabuhan bisa menjadi pengungkit untuk peningkatan perekonomian di masyarakat.

“Bisa saling melengkapi karena pariwisata di kawasan Pelabuhan Gesing juga berkembang pesat. Mudah-mudahan dengan adanya pelabuhan bisa tambah maju lagi,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Pelabuhan Gesing Gunungkidul Ditargetkan Beroperasi Awal 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya