SOLOPOS.COM - Suasana penghitungan suara Pilkadus Nogosari III, Desa Bandung, Kecamatan Playen, Minggu (8/12/2013). (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Ali Mutangal terpilih menjadi Kepala Dusun Nogosari III, Desa Bandung, Kecamatan Playen, Gunungkidul. Ali Mutangal memenangkan pemilihan Kepala Dusun Nogosari III yang digelar Minggu (8/12/2013). Ali yang merupakan calon nomor urut dua mendapatkan 209 suara.

Salah satu panitia Pilkadus Analis Primadani menuturkan pihak lawan yakni calon nomor satu, Bambang Kurniawan hanya mendapatkan 90 suara. “Total ada 346 pemilih namun hanya 300 orang yang hadir. Sementara itu ada satu suara yang tidak sah. Tingkat partisipasi warga tinggi mencapai 86,7%,” papar dia Senin (9/12/2013).

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Ali memiliki visi untuk hadir lebih dekat melayani masyarakat serta mewujudkan Dusun Nogosari III yang lebih baik dan makmur. Untuk mencapai visi tersebut, Ali sudah menyiapkan pembangunan fisik dan non fisik.

“Pembangunan fisik yang akan dilakukan misalnya pembangunan dilakukan dengan sebenarnya dengan musyawarah mufakat atau rembug warga. Membangun keterbukaan informasi dalam setiap sumber pendanaan yang diterima yang digunakan untuk membangun Dusun Nogosari III,” papar Ali.

Sementara itu pembangunan nonfisik rencananya akan dilakukan dalam tiga aspek yakni aspek sosial kemasyarakatan, aspek pelayanan masyarakat atau pemerintah serta aspek kepemudaan. Aspek sosial kemasyarakatan meliputi peningkatan aktivitas kehidupan beragama dengan mengoptimalkan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. “Selain itu juga meningkatkan kebersihan di lingkungan Dusun Nogosari III dengan menggalakkan gugur gunung,” imbuh dia.

Untuk aspek pelayanan masyarakat atau pemerintah di antaranya menjadikan lembaga tingkat dusun lebih tanggap dan aspiratif. Menata kembali birokrasi untuk mewujudkan kepuasan pelayanan kepada masyarakat. Mengoptimalkan tugas, wewenang, dan fungsi lembaga di dusun.

“Untuk aspek kepemudaan akan meningkatkan peran serta pemuda dalam setiap kegiatan masyarakat. Selain itu juga menumbuhkembangkan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang bersifat positif untuk wadah optimalisasi potensi dan kreatifitas pemuda,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya