SOLOPOS.COM - Warga Dusun III, Desa Tayuban, Panjatan, menyelesaikan tahapan akhir dari proyek pembuatan salurna irigasi di areal persawahan dusun setempat. Foto diambil Selasa (24/7) siang. (JIBI/Harian Jogja/MG Noviariza Fernandez)

Warga Dusun III, Desa Tayuban, Panjatan, menyelesaikan tahapan akhir dari proyek pembuatan salurna irigasi di areal persawahan dusun setempat. Foto diambil Selasa (24/7) siang. (JIBI/Harian Jogja/MG Noviariza Fernandez)

KULONPROGO–Tidak lama lagi, warga Gejawen, Dusun III, Desa Tayuban, Panjatan bakal menikmati saluran irigasi yang baru dibangun.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Proyek irigasi sepanjang 217 meter dan menelan anggaran sebesar Rp79,1 juta itu sebagian besar didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Ditemui di lokasi pengerjaan saluran irigasi, Widodo,48, salah seorang warga dusun setempat menginformasikan, ada sekitar 15 pekerja saluran tersebut yang semuanya merupakan warga setempat.

Menurut dia, sebelumnya di area persawahan tersebut selalu kesulitan mendapatkan air, karena selain letakknya paling ujung, juga tidak ada saluran irigasi yang bisa mencapai seluruh seluruh petak sawah di lahan tersebut.

”Kalau dapat air, cuma di beberapa petak saja, selebihnya susah mendapatkan air,” jelasnya, Selasa (24/7)

Proyek tersebut sudah mulai dikerjakan dua bulan silam dan dilakukan oleh warga setempat secara bergiliran. Dari total dana Rp79,1 juta, warga dusun tersebut menyumbang sebesar Rp3,5 juta.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya