SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Penumpang Kereta Api (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Foto Ilustrasi Penumpang Kereta Api
(JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Harianjogja.com, JOGJA-Tiket kereta api arus balik Lebaran 2013 untuk keberangkatan H+7 dari Jogja menuju sejumlah tujuan seperti Jakarta dan Bandung serta Jawa Timur masih tersedia mulai untuk kelas ekonomi hingga eksekutif.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

“Kami berharap masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api untuk arus balik masih bisa memanfaatkan tiket yang masih tersedia tersebut,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta Sony Sumarsono di Yogyakarta, Jumat (19/7/2013).

Kereta api yang masih menyisakan tempat duduk untuk keberangkatan pada 16-18 Agustus adalah Argo Lawu, sedang untuk keberangkatan 18 Agustus tiket yang masih tersisa adalah untuk Taksaka Pagi, Taksaka Malam, Argo Dwipangga, Gajayana, Argo Dwipangga Lebaran.

Rata-rata ketersediaan tempat duduk untuk kereta tujuan Jogja-Jakarta tersebut masih mencapai sekitar 100, sedang untuk kereta tujuan Bandung masih menyisakan ratusan tempat duduk.

Khusus kereta api ekonomi, Madiun-Tanah Abang (Mantab), masih menyisakan ratusan tempat duduk untuk keberangkatan 9 dan 10 Agustus.

Sedangkan untuk sejumlah kereta tujuan Jawa Timur, seperti Surabaya dan Malang masih menyisakan sekitar 2.000 tempat duduk untuk keberangkatan H+7 Lebaran.

Sony mengatakan, masyarakat tidak perlu datang ke stasiun untuk melakukan pemesanan tiket, namun cukup datang ke agen tiket atau sejumlah minimarket yang telah bekerja sama dengan PT KAI, melalui call center 121 atau mengakses tiket online.

Pada masa Angkutan Lebaran 2013, diperkirakan akan ada sekitar 156 ribu penumpang yang akan memanfaatkan moda transportasi darat tersebut di Daerah Operasi VI Jogja.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Penumpang Jogja Bekti Zunanta memperkirakan, akan ada kenaikan tiga persen penumpang arus mudik pada masa Angkutan Lebaran 2013 yaitu dari 26.433 penumpang tahun lalu menjadi 27.225 penumpang.

“Sudah ada sekitar 560 armada tambahan yang siap dioperasikan. 20 unit Bus Transjogja juga siap dioperasikan bila dibutuhkan sewaktu-waktu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya