SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus angkutan penumpang (JIBI/Solopos/Dok.)

Angkutan Ringroad segera beroperasi

Harianjogja.com, JOGJA – Angkutan ringroad DIY akan segera beroperasi bulan depan. Lima bus bantuan yang akan dikelola PT DAMRI saat ini sedang menunggu proses penggantian warna plat nomor.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

(Baca Juga : ANGKUTAN RINGROAD : Bus Penghubung Dinilai Kurang Efektif, Mengapa?)

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta mengatakan upaya pengadaan angkutan ringroad ini menurut Sigit dipicu oleh munculnya berbagai tempat kegiatan baru baik di dalam maupun di luar area ringroad. Tempat-tempat itu saat menjadi pusat-pusat kegiatan dan keramaian yang membutuhkan dukungan sistem transportas umum. Terlebih samapi saat ini potensi untuk angkutan transportasi umum yang beroperasi di sepanjang ringroad pun muncul dan belum tergarap.

Untuk menunjang operasional angkutan ringroad, mantan Kepala Biro Umum dan Protokoler Sekda DIY itu menuturkan pihaknya sudah merancang halte portabel yang aka ditempatkan tak jauh dari halte-halte Trans Jogja di sekitar Ringroad. Dengan begitu angkutan ini sekaligus bisa menjadi angkutan penghubung dan feeder untuk jaringan trayek Trans Jogja.

“Kami akan menyediakan halte terpisah yang lokasinya tak jauh dari Trans Jogja, bus ini akan memiliki ketinggian pintu yang sama dengan Trans Jogja,” imbuh Sigit.

Saat beroperasi nanti, bus yang rencananya akan dikelola PT DAMRI itu akan menggunakan tarif non-subsidi. Soal jumlah yang masih terbatas, Sigit berjanji akan menambahkan jumlah armada ini di tahun mendatang.

Sebelumnya, anggota Komisi C DPRD DIY Chang Wendriyanto menilai keberadaan bus Ringroad bisa menjadi solusi transportasi umum yang baik. Apalagi selama ini memang belum ada bus yang khusus menelusuri jalur ringroad. Dengan semakin banyaknya pilihan moda transportasi umum dia pun ebrharap masalah kemacetan di DIY bisa teratasi.

“Bus itu juga bisa jadi solusi untuk menghubungkan penumpang ke berbagai halte dan terminal,” kata dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum Siap Jadi Senopati Relawan Cabup Jumariyanto

Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum Siap Jadi Senopati Relawan Cabup Jumariyanto
author
Rohmah Ermawati Rabu, 15 Mei 2024 - 08:25 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketua Tim 11 Boyolali Bangkit, Sumarno Lindu. (Solopos.com/Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI–Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum siap menjadi senopati pengawalan pencalonan bupati pengusaha Regar Sport, Jumariyanto, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boyolali 2024.

Hal tersebut diungkap Ketua Tim 11 Boyolali Bangkit, Sumarno Lindu. Ia dan anggota Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum turut hadir saat Jumariyanto mengambil formulir pendaftaran calon bupati di kantor DPC Partai Gerindra, Selasa (14/5/2024).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Tentang pencalonan Om Jum [Jumariyanto], kebetulan kami tim 11, kami nanti memang yang bakal menjadi senopati relawan pemenangan Om Jum dan wakilnya nanti,” ujar dia seusai acara, Selasa.

Ia mengatakan Tim 11 telah siap untuk mendukung Om Jum dalam kontestasi politik di Boyolali. Lindu mengatakan tim 11 telah memiliki hitung-hitungan dan yakin untuk menang tidak terlalu sulit dan optimistis bisa menang dalam Pilkada Boyolali.

Koran Solopos

Juru bicara Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum, Alif Basuki, menambahkan sejak awal timnya mendorong adanya perubahan di Boyolali.

“Tentunya perubahan ini bagaimana ingin kami ingin mengubah tata kelola pemerintahan di Boyolali. Tim 11 kapasitasnya menghadirkan calon-calon yang ada,” jelasnya.

Alif mengatakan Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum intensif mendukung Jumariyanto sebagai bakal calon bupati. Tim 11 juga mendorong Om Jum untuk membawa perubahan di Boyolali. Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum menginginkan calon bupati yang bersih dan baik.

Emagazine Solopos

“Kalau calon yang politisi kan banyak, apalagi di level Boyolali sudah banyak bermunculan, tokoh muda juga. Namun, kami realistis bahwa untuk memperbaiki Boyolali tidak hanya sebuah orang yang memang memiliki elektabilitas, tapi butuh orang yang punya visi dan misi,” jelasnya.

Ia mengatakan sebelum akhirnya melabuhkan pilihan kepada Om Jum, tim 11 telah beberapa kali berdiskusi dengan beberapa calon dan menilai Jumariyanto memiliki visi-misi yang lebih jelas.

Tim 11 Boyolali Bangkit Tersenyum akan mendorong tingkat partisipasi publik untuk berdemokrasi.

Interaktif Solopos

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Boyolali, Fuadi, menjelaskan pada Juli 2024 nanti rekomendasi terkait calon bupati-wakil bupati akan turun dari DPP.Sikap dari Golkar sendiri, tutur Fuadi, jelas mendukung Om Jum maju menjadi calon bupati Boyolali.

“Sebab beliau adalah simbol perubahan di Boyolali yang telah menguasai ilmu pemerintahan, akan menata dan memperbaiki Boyolali menjadi lebih baik,” kata dia.

Ketua DPC PKB Boyolali, Eko Mujiono, menjelaskan berdasarkan arahan pimpinan pusat, PKB merapat ke Gerindra dan Golkar dalam Pilkada Boyolali 2024.



“Dari Golkar, Gerindra, dan PKB bersatu mengusung Om Jum. Karena sementara ini yang terdaftar di PKB untuk bupati baru Om Jumariyanto. Kemudian yang dari wakilnya sementara Bapak Fuadi yang mendaftar ke PKB. Selebihnya belum ada yang mendaftar lagi,” kata dia.

Ia mengatakan PKB membuka pendaftaran untuk calon bupati-wakil bupati Boyolali dari awal hingga akhir Mei. Namun, yang mendaftar baru dua orang tersebut.

DPC PKB Boyolali juga memberikan formulir untuk diisi oleh kedua orang tersebut dan nantinya namanya akan diserahkan ke DPP PKB Boyolali.

Terkait salah satu kader PKB, M. Chamim Irfani, diinformasikan masuk bursa calon bupati Boyolali, Eko mengatakan belum mendapatkan konfirmasi ataupun mendaftar ke partai.

“Mungkin di detik-detik akhir akhir juga memasukkan formulirnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

IHSG Berpeluang Rebound, Cermati Saham-saham Ini

IHSG Berpeluang Rebound, Cermati Saham-saham Ini
author
Anik Sulistyawati Rabu, 15 Mei 2024 - 07:53 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi investor memantau pergerakan saham di pasar modal. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang rebound pada perdagangan hari ini, Rabu (15/5/2024). Saham ACES, BMRI, INCO dan MEDC dapat dicermati oleh investor hari ini.

Tim analis MNC Sekuritas menyatakan IHSG terkoreksi 0,22% ke level 7.083 pada penutupan perdagangan kemarin, Selasa (14/5/2024), disertai dengan munculnya volume penjualan. Selama masih mampu berada di atas 7,026 sebagai support krusialnya, maka posisi IHSG diperkirakan sedang berada pada bagian dari wave [c] dari wave B.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sehingga pada perdagangan hari ini, IHSG berpeluang untuk menguat menguji level 7.289,” kata Tim Analis MNC Sekuritas dalam riset harian seperti dilansir Bisnis.

Adapun, pada perdagangan hari ini, MNC sekuritas menyebut, level support IHSG akan berada di kisaran 7.045, 7.026, sedangkan level resistansi berada pada rentang 7.164, 7.232.

Koran Solopos

Sebelumnya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (14/5/2024) sore ditutup melemah terbayang oleh sentimen seiring memanasanya konflik di Timur Tengah.

IHSG ditutup melemah 15,50 poin atau 0,22 persen ke posisi 7.083,75. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 2,96 poin atau 0,33 persen ke posisi 892,58.

“Bursa regional Asia cenderung tertahan di zona melemah, yang tampaknya dipengaruhi kondisi konflik di Timur Tengah, yang mana militer Israel kembali mengepung secara intens di jalur Gaza Palestina, baik dari sisi utara dan selatan,” sebut Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Selasa, seperti dilansir Antara.

Emagazine Solopos

Dengan demikian, hal tersebut menimbulkan dampak adanya serangan militer Israel yang semakin intensif, sehingga menyebabkan potensi memanas di kawasan Timur Tengah.

Selain itu, sentimen lainnya yaitu pelaku pasar cenderung berhati-hati jelang menanti rilis data inflasi Amerika Serikat (AS), karena bisa mempengaruhi waktu pemangkasan suku bunga acuan AS.

Dari dalam negeri, kinerja penjualan memberikan indikasi tetap kuat yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) periode Maret 2024 mencapai 235,4 atau tumbuh sebesar 9,3 persen year on year (yoy) jika dibanding dari bulan sebelumnya sebesar 6,4 persen (yoy).

Interaktif Solopos

Hal tersebut memberikan indikasi ekspansi perdagangan dan ini juga ditopang seiring dengan percepatan belanja selama bulan puasa Ramadhan dan menjelang perayaan Idulfitri.

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, tiga sektor meningkat yaitu dipimpin sektor barang konsumen primer sebesar 0,11 persen, diikuti sektor properti dan sektor kesehatan yang masing-masing naik 0,71 persen dan 0,51 persen.

Sedangkan delapan sektor terkoreksi yaitu sektor industri turun paling dalam minus 1,41 persen, diikuti sektor teknologi dan sektor energi yang masing-masing minus 1,15 persen dan 0,98 persen.



Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu CHEM, SOLA, KICI, PSDN dan NASI. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni MPXL, IBOS, ASII, IDEA dan MEJA.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 1.096.353 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 18,19 miliar lembar saham senilai Rp13,38 triliun. Sebanyak 273 saham naik, 267 saham menurun, dan 236 tidak bergerak nilainya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Jelang Lawan Irak, Ini 3 Pemain Baru Keturunan Belanda yang Siap Gabung Timnas

Jelang Lawan Irak, Ini 3 Pemain Baru Keturunan Belanda yang Siap Gabung Timnas
author
Abu Nadzib Rabu, 15 Mei 2024 - 07:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Pemain NEC Nijmegen, Calvin Verdonk, yang memiliki ayah orang Aceh ingin memperkuat Timnas Indonesia. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Menjelang laga menentukan kontra Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026, publik sepak bola Indonesia menunggu kehadiran tiga amunisi baru yang merupakan pemain diaspora.

Dua dari ketiga pemain hebat itu sedang dikebut proses naturalisasinya oleh PSSI.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mereka adalah Calvin Verdonk yang bermain untuk NEC Nijmegen (Belanda) dan Jens Raven FC striker Dordercht U-21.

Koran Solopos

Sementara kiper Dallas FC, Maarten Paes tinggal menunggu proses perpindahan federasi dari Amerika Serikat ke PSSI.

“Kita sedang menunggu konfirmasi Maarten Paes, dan kita sudah angkat sumpah dan kita menunggu kertasnya (dokumen resmi),” ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Denpasar, Bali, Minggu(12/5/2024) lalu.

Sementara untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven, kata Erick Thohir, masih menunggu pengambilan sumpah untuk menjadi WNI dan itu akan selesai pada bulan Mei ini.

Emagazine Solopos

Erick berharap ketiga pemain baru ini bisa bergabung ke Skuad Garuda saat laga menghadapi Irak pada 6 Juni mendatang.

Berikut data tiga pemain baru Timnas Indonesia:

1. Maarten Paes

Maarten Paes menjadi satu-satunya pemain Timnas yang tidak punya darah Indonesia.

Interaktif Solopos

Meski lahir di Kediri, Jawa Timur kedua orang tua Maarten Paes bukan WNI. Mereka adalah orang asing yang sempat tinggal di Indonesia.

erick thohir indonesia raksasa yang bangun dari tidur, maarten paes lengkapi berkas

Kiper Dallas FC Maarten Paes bersama Ketua PSSI Erick Thohir. (pssi.org)

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda pada 14 Mei 1998. Ia memiliki tinggi badan 192 cm.

Maarten Paes kini menjadi kiper andalan klub Major League Soccer (Amerika Serikat), FC Dallas.



Maarten Paes sebenarnya masuk dalam rencana naturalisasi tahun 2024 bersama Thom Haye (gelandang) dan Ragnar Oratmangoen (striker).

Tapi ia terganjal aturan FIFA karena pernah menjadi bagian skuad Belanda U19 untuk Piala U-19 Eropa UEFA 2016 dan Piala U-19 Eropa UEFA 2017.

Pada 4 April 2018, dia menandatangani kontrak dengan klub kasta teratas Liga Belanda, FC Utrecht berdurasi tiga tahun.

Paes melakukan debutnya di Eredivisie untuk FC Utrecht pada 19 Agustus 2018 melawan PEC Zwolle .

Empat tahun membela FC Utrecht, pada 20 Januari 2022 Paes bergabung dengan tim Liga Amerika Serikat MLS yaitu FC Dallas dengan status pinjaman enam bulan.

Pada 24 Juni 2022, FC Dallas mengaktifkan opsi transfer permanen atau pembelian permanen untuk mempermanenkan Paes.

2. Calvin Verdonk

Pemain klub Eredivisie, Calvin Verdonk, menjadi yang paling dinanti publik sepak bola Indonesia.

Pemain yang sedang menjalani proses naturalisasi ini memiliki banyak pengalaman bermain di kasta tertinggi Liga Belanda.

Calvin Ronald Verdonk lahir pada 26 April 1997 di Dordrecht, Belanda.

Pemain yang bulan ini akan berusia 27 itu memiliki darah Indonesia dari garis keturunan sang ayah yang dikabarkan berasal dari Tanjung Meulaboh, Aceh.

Verdonk merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord. Karier profesional Verdonk dimulai pada April 2014 ketika menandatangani kontrak bersama Feyenoord.

Selama berseragam Feyenoord, Verdonk lebih sering dipinjamkan ke PEC Zwolle (2016/2017), NEC Nijmegen (2017/2018), dan FC Twente (2019/2020).

Verdonk kemudian dilepas ke klub Portugal, Famalicao, pada 2020.

Verdonk hanya bertahan satu musim di Famalicao sebelum dipinjamkan ke NEC pada 2021 dan kontraknya dipermanenkan NEC pada 2022.

Musim ini Calvin Verdonk menjadi andalan NEC Nijmegen. Verdonk nyaris selalu menjadi starter NEC dari 27 pertandingan.

Dari 27 laga, Verdonk hanya satu kali masuk sebagai pemain cadangan.

Total, Verdonk mencetak dua gol dan dua assist. Pemain cerdik ini memiliki kekuatan tendangan kaki kiri yang mematikan.

3. Jens Raven

Jens Raven adalah pemain termuda karena baru berusia 18 tahun.

Jens Raven berdarah Indonesia dari sang nenek yang berasal dari Yogyakarta.

Jens Raven adalah sosok striker yang potensial. Saat ini ia bermain di FC Dordercht U-21 yang berkompetisi di Eredivisie U-21.

jens raven

Pemain FC Dordercht, Jens Raven. (Istimewa)

Jens Raven belum punya nilai pasar karena masih bermain di level kompetisi U-21.

Jens Raven yang lahir pada 12 Oktober 2005 kini bertinggi badan 189 cm.

Dengan usia yang masih 18 tahun, tinggi badan Jens Raven masih sangat mungkin bertambah.

Mendapat didikan akademi di Belanda, Jens Raven bergabung dengan FC Dordercht U-21 pada 1 Juli 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories