SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi transportasi (JIBI/Harian Jogja/Hengky Irawan)

Angkutan Ringroad dipergunakan untuk menghubungkan antar daerah di DIY.

Harianjogja.com, JOGJA –– Setidaknya lima armada bus berukuran besar akan menelurusi ringroad. PT Damri sudah ditunjuk sebagai pengelola trayek yang dinilai berpotensi menghubungkan titik-titik ramai di sekitar DIY.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Dinas Perhubungan Sigit Haryanta menyampaikan, keberadaan bus yang menelusuri jalur sepanjang ringroad ini sekaligus berfungsi sebagai angkutan penghubung. Bagi penumpang yang ingin masuk ke area dalam ringroad dapat langsung berganti dengan Trans Jogja. Sementara bagi penumpang dari luar area ringroad bisa memanfaatkan bus anyar ini sebagai angkutan penghubung yang lebih efisien tanpa harus menembus kepadatan lalu lintas kota.

Lebih lanjut dia menjelaskan bus ringroad ini akan menerapkan sistem timetable, setiap bus dijadwalkan keberangkatannya setiap beberapa menit.

Untuk harga tiket, Sigit mengatakan belum ada pembahasan lebih lanjut. Namun tarif yang diterapkan bukan tarif bus subsidi sehingga mereka harus membahas lebih lanjut rincian biaya operasional dan tingkat keterisian.

“Kalau bisa sampai malam akan beroperasi, tapi kita lihat juga, kalau malam penumpangnya sepi tentu akan disesuaikan. Tahun ini akan segera diujicobakan,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya