SOLOPOS.COM - Kerja bakti warga mengeruk muara (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Kerja bakti warga mengeruk muara (JIBI/Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

KULONPROGO—Ratusan warga di empat dusun Desa Jangkaran bersama warga Purworejo, Jawa Tengah bekerja bakti mengeruk pasir yang menutupi muara Sungai Bogowonto, Jumat (8/6) pagi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi meluapnya air sungai.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Empat dusun tersebut meliputi Dusun Pasir Kadilangi, Pasir Mendit, Kluwang dan Kledekan Lor. Sementara warga Purworejo berasal dari empat desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Purwodadi yakni Karanganyar, Jatimulya, Jatikintel dan Gedangan.

Dari pantauan Harian Jogja, sejak pukul 07.00 WIB, ratusan warga tersebut sudah hadir di kawasan Pantai Congot, tempat Sungai Bogowonto bermuara. Dengan peralatan seadanya seperti cangkul dan sekop, warga bahu-membahu mengeruk pasir-pasir tersebut yang bertujuan agar air sungai bisa mengalir lancar ke laut.

Panjang saluran air yang dikeruk mencapai 50 meter dengan lebar 10 meter. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah dikeruk, air sungai akan mengalir ke laut dan saluran tersebut akhirnya melebar dengan sendirinya.

Kepala Desa (Kades) Jangkaran, Karis yang didampingi Kabag Pembangunan Sunardi menginformasikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengalirkan air sungai ke laut. Jika tidak dilakukan, dikhawatirkan air sungai tersebut akhirnya meluap dan menggenangi lahan pertanian serta penambakan milik warga.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya