SOLOPOS.COM - Kehadiran Kepala DAOP VI PT KAI, Hendy Helmy disertai dengan tes narkoba kepada petugas Stasiun Wates pada Kamis (21/3/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Antisipasi narkoba dilakukan salah satunya dengan tes urine

 
Harianjogja.com, KULONPROGO--Seluruh petugas termasuk tenaga keamanan Stasiun Wates menjalani tes urine narkoba yang dilakukan dadakan pada Selasa (21/3/2017). Hasil tes menyatakan seluruh petugas negatif mengandung narkoba.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Tes disaksikan langsung oleh Hendy Helmy, Kepala Daerah Operasional (DAOP) VI PT KAI yang juga melakukan pemeriksaan lapangan sarana perkeretapiaan. Ia mengatakan tes sengaja dilakukan tanpa pemberitahuan agar hasilnya diketahui dengan tepat. Tes serupa sebelumnya telah dilakukan di Stasiun Wojo dan Stasiun Jenar pada hari yang sama.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan petugas yang bebas narkoba. “Jika bisa menjaga diri sendiri pasti bisa melayani dengan baik,” terangnya ditemui di Stasiun Wates.

Jika terbukti positif mengandung narkoba, Helmy menyatakan oknum tersebut akan dikenakan sanksi berupa pemberhentian seketika.

Menurutnya, tes dilakukan kepada seluruh petugas di stasiun yang masuk dalam wilayah DAOP VI. Tak hanya petugas di stasiun, tes juga dijalani oleh personil yang berada di kantor DAOP VI beberapa waktu sebelumnya.

Adapun, Helmy juga melakukan pemeriksaan pada jalur kereta api di sepanjang jalur DAOP VI dan sejumlah sarana di stasiun yang dilewati.

Kepala Stasiun Wates, Heri Sunandar mengatakan pemeriksaan dilakukan tanpa pemberitahuan sama sekali. Sebelumnya, hanya didapatkan kabar jika jajaran DAOP VI akan melakukan pemeriksaan pada sejumlah sarana dan prasarana di areal tersebut. Meski demikian, ia menganggap tes tersebut menjadi hal yang positif untuk mengetahui kesiapan SDM terkait,

Pasalnya, narkoba pasti berpengaruh buruk khususnya dalam hal pelayanan kepada masyarakat. “Tidak masalah dicek, ini justru meyakinkan jika lingkungan kami bebas narkoba,” urainya.

Sementara itu, anggota Polisi Khusus Kereta Api (Pamsuska) Stasiun Wates, Yuda Prasetya mengaku kaget dengan adanya pemeriksaan dadakan itu. Namun, ia tidak mempermasalahkan itu karena merasa tidak menggunakan narkoba. Pemeriksaan tersebut menurutnya baru pertama kali dilakukan.  “Terus terang kaget, saya kira hanya sekedar cek lapangan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya