SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Ilustrasi uang (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JOGJA-Sejumlah fraksi di DPRD Jogja akhirnya melunak terkait dengan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2013.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Mereka meminta agar pembahasan anggaran dilakukan tanpa kehadiran Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, yang sedang tugas di Amerika Serikat selama 40 hari. Alasannya, waktu mepet dan kepentingan masyarakat.

“Pembahasan harus jalan terus. Ada tidak ada Walikota harus tetap jalan. Sekarang tinggal bagaimana TAPD [Tim Anggaran Pemerintah Daerah] aktif tidak. Karena sekarang eksekusinya ada di sana,” kata anggota Fraksi PKS, Zuhrif Hudaya, Selasa (17/9/2013).

Dia mengungkapkan, kini komitmen dan keaktifan TAPD dibutuhkan untuk menyelesaikan pembahasan APBDP 2013. Waktu mepet dan perginya Walikota Jogja ke Amerika Serikat harus disikapi. “Untuk itu, kami tinggal menunggu TAPD. Ada niatan tidak?” jelasnya.

Menurutnya, langkah pemanggilan Walikota pada rapat konsultasi, Senin (16/9/2013) lalu sebenarnya lebih kepada keinginan dari legislatif untuk melihat sejauh mana komitmen eksekutif untuk menyelesaikan program.

Dari pengamatan dan hasil serapan penggunaan APBD, Dewan melihat banyak program yang belum dijalankan oleh eksekutif. “Jangan sampai ini dibiarkan terus. Nanti jadi krisis kepercayaan di masyarakat,” harapnya.

Selain itu, lanjut dia, Dewan ingin menanyakan terkait kondisi Kota Jogja selama 2013. Pasalnya, hal ini akan berkaitan dengan komitmen penyelesaian dan penjalanan program.

“Kami kan juga punya kewenangan untuk melakukan pengawasan. Tujuannya, jika ada program yang belum dieksekusi, bisa segera dieksekusi,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya