SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto Taman Pintar JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Foto Taman Pintar
JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akhirnya melakukan penambahan anggaran di sejumlah urusan pada APBD Perubahan (APBDP) 2013.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Dari total penambahan anggaran Rp242,4 miliar pada APBDP 2013, alokasi terbesar masih didominasi untuk urusan pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan tata pemerintahan.

Wakil Walikota Jogja Imam Priyono dalam penyampaian Pengantar Nota Keuangan APBDP 2013, mengatakan penambahan terbesar masih didominasi urusan pendidikan.

Pada urusan pendidikan yang diampu Dinas Pendidikan dan Kantor Pengelolaan Taman Pintar alokasi anggaran yang direncanakan menjadi Rp149,1 miliar. Jumlah itu meningkat sebesar Rp25,2 miliar dibandingkan sebelum perubahan.

Jika APBDP disahkan pada Oktober nanti, maka praktis dalam waktu tiga bulan instansi ini harus mampu menyerap dana sebesar itu.

“Untuk alokasi anggaran di Kantor Pengelolaan Taman Pintar meningkat sehubungan dengan adanya surplus anggaran 2012 yang diperoleh dari selisih pendapatan jasa dan biaya,” katanya.

Meski begitu, Imam mengakui dalam penyerapan anggaran, Taman Pintar masih memiliki Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) 2012 sebesar Rp3,1 miliar.

Sementara untuk urusan kesehatan, alokasi yang diberikan untuk Dinas Kesehatan dan RS Jogja pada perubtamahan mencapai Rp118,1 miliar.

“Artinya ada penambahan Rp8,7 miliar. Sedangkan Silpa untuk RS Jogja Rp11,1 miliar,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya