SOLOPOS.COM - Calon penumpang di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Keberangkatan bus dari Terminal Dhaksinarga molor hingga delapan jam dari jadwal yang ditentukan. Akibatnya, ratusan penumpang yang akan balik setelah libur Lebaran menjadi telantar. Kondisi ini telah berlangsung sejak, Sabtu (2/8/2014) malam.

Kepala UPT Dhaksinarga Trisulo Hantoko menerangkan Sabtu (2/8/2014) terdapat 12  bus antar kota antarprovinsi (AKAP) yang terlambat. Akibatnya, ratusan penumpang harus menunggu lama dan baru sekitar pukul 23.00 WIB, semua dapat diberangkatkan ke arah tujuan masing-masing.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Rata-rata penumpang adalah tujuan Jakarta dan Bandung. Akibat kertelambatan bus-bus yang datang membuat penumpang harus menunggu lebih lama,” katanya kepada Harianjogja.com, Minggu (3/8/2014).

Dia menjelaskan, kerterlambatan ini bukan lantaran kurangnya armada tetapi karena kemacetan.  Salah satu bus yang terlambat datang adalah PO Maju Lancar. Perusahaan bus ini sejak kemarin memberitahukan kepada penumpangnya bila bus mengalami keterlambatan. Tak tanggung-tanggung keterlambatan mencapai delapan jam, karena bus baru akan berangkat minimal pukul 22.00 WIB.

“Mereka sudah memberitahukan kepada penumpang bila bus mengalami keterlambatan. Jadi, mereka yang sudah tiba di terminal diharapkan kembali lagi, biar tak menunggu lama,” kata Ketua Paguyuban Bis Malam (Bisma) Terminal Dhaksinarga, Suroso.

Kepala Sub Bagian Umum UPT Dhaksinarga, Suprapto menambahkan penumpang tidak mau menggunakan bus-bus dengan kondisi yang tak maksimal. Pasalnya, saat terjadi keterlambatan pada Sabtu (2/8/2014), sebuah perusahaan bus menawarkan bus pengganti. Namun, berhubung bus yang ditawarkan tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan para penumpang menolak hal itu.

“Mereka rela menunggu untuk menunggu bus yang diharapkan. Beruntung, hari ini [kemarin] ada pemberitahuan bila ada keterlambatan, sehingga warga bisa mengatur ulang jadwalnya,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya