SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan (Dok. Solopos.com)

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul akan melakukan ujicoba jalur alternatif mudik lebaran untuk melihat kesiapan jalur tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suwito menjelaskan sebelum digunakan untuk arus mudik Lebaran, pihaknya berencana melakukan uji coba jalur alternatif pada H-10 Lebaran dengan berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Termasuk uji coba kesiapan armada dan rambu-rambu lalu lintas, ini untuk mengetahui kekurangannya apa dan yang harus dibenahi apa,” kata Suwito, Minggu (15/6/2014).

Menurut dia, mempersiapkan dua jalur alternatif arus mudik Lebaran ini, baru akan diberlakukan tahun ini, dengan harapan selain bisa mengurai kemacetan arus, juga meningkatkan aktivitas perekonomian di Bantul.

“Harapannya pemudik Lebaran tidak hanya sekadar lewat jalur alternatif itu, namun juga mampir belanja di Bantul,” kata mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bantul yang baru tiga bulan menjabat Kepala Dishub ini.

Ia menyebutkan telah menyiapkan dua jalur alternatif untuk dilewati kendaraan arus mudik maupun arus balik mendatang. Kedua jalur tersebut yakni mulai dari persimpangan Toyan Kulonprogo ke timur menuju Palbapang Bantul, serta persimpangan Sedayu ke arah Jodog, Pandak.

Pihaknya telah memastikan bahwa dua jalur alternatif tersebut kondisinya layak untuk, karena berdasarkan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum setempat tidak ada kerusakan dan dalam kondisi baik.

“Dalam rangka menghadapi Lebaran ini kami juga akan menyiapkan sejumlah pos induk perhubungan dan pos pantau, seperti di Gabusan (jalan Parangtritis), pos Piyungan, pos Sedayu dan pos Pasar Bantul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya