SOLOPOS.COM - Grebeg Syawal Kraton Jogja (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Setelah tiga tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19, Grebeg Syawal akan kembali digelar pada Lebaran tahun ini. Grebeg Syawal akan digelar pada 1 Syawal 1444 Hijriah atau Sabtu (22/4/2023).

“Garebek ini menjadi yang pertama kali setelah tiga tahun,” kata Penghageng II Kawedanan Rekso Suyoso, KRT Kusumonegoro saat menjelaskan prosesi Grebeg Syawal di kompleks Kepatihan, Kota Jogja, Selasa (18/4/2023).

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

Dia menjelaskan upacara tersebut akan dimulai dengan iring-iringan pasukan yang terdiri dari delapan pasukan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan dua pasukan Pura Pakualaman menuju Masjid Gedhe Kauman. Kedua pasukan tersebut akan dipecah berjalan dari dua arah berbeda.

Iring-iringan tersebut akan dimulai dari Kemandungan Kidul, Kemagangan, Kedhaton, Keben, Sitinggil Lor, Pagelaran, hingga Halaman Masjid Gedhe.

Setelah para pasukan sampai halaman masjid, para pemuka keraton akan memanjatkan doa bersama dengan takmir Masjid Gedhe setelah itu akan dilakukan pembagian gunungan.

Gunungan tersebut akan dibagikan di tiga tempat berbeda. Selesai didoakan gunungan dibagi di Kagungan Dalem Masjid Gedhe, kompleks Kepatihan, dan Pura Pakualaman.

Pelaksanaan akan dilakukan melalui sesi terbuka dan tertutup. Masyarakat dapat menikmati prosesi Grebeg Syawal mulai dari iring-iringan pasukan bergada hingga pembagian gunungan.

Pihak Keraton meminta  tidak ada penggunaan pesawat tanpa awak atau drone untuk mendokumentasikan kegiatan saat prosesi Grebeg Syawal berlangsung agar tidak mengganggu kenyamanan dan kekhidmatan prosesi.

Terkait dengan wilayah No Fly Zone, Pemerintah Provinsi DIY mengeluarkan Notice To Airmen (NOTAM) B0754 NOTAMN. Aturan tersebut berlaku pada 19-23 April 2023.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Grebeg Syawal Kembali Digelar Luring Tahun Ini, Pengunjung Dilarang Terbangkan Drone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya