SOLOPOS.COM - Penumpang akan menaiki KA Bandara yang berangkat dari Stasiun Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo ke Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Tugu. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Solopos.com, JOGJA — Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta saat ini tengah membahas perpanjangan operasional Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) hingga Stasiun Maguwo yang berlokasi di Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

Sekretaris Daerah DIY, Beny Suharsono, mengatakan terkait rencana itu Pemda DIY akan menyediakan sejumlah tanah milik pemerintah yang digunakan untuk jalur lintas dan pemberhentian KA Bandara YIA. Sedangkan untuk pembangunan konstruksi jalur lintas itu akan dikerjakan pemeirntah pusat.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Menurut Beny, rencana tersebut dilakukan untuk mendukung kelancaran transportasi menuju Bandara YIA.

“Yang sedang kami diskusikan dulu bagaimana layanan kereta menuju bandara [YIA] itu sampai ke Stasiun Maguwo, sehingga orang tidak bertumpu ke Stasiun Tugu. Penumpang yang mau naik pesawat ke YIA kan perlu dukungan transportasi yang lebih cepat dan murah, salah satunya dengan KA yang sudah dijajaki dengan Ditjen Perkeretaapian supaya bisa ditarik KA Bandara YIA bisa sampai ke Stasiun Maguwo,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (9/7/2023).

Selain untuk menyediakan transportasi yang murah dan cepat menuju ke Bandara YIA, menurut Beny apabila KA Bandara YIA melintas hingga ke Stasiun Maguwo maka dapat menghidupkan kembali wilayah sekitarnya.

Saat ini menurut Beny, Pemda DIY telah menyetujui rencana tersebut dan bersedia menyediakan sejumlah lahan milik Pemda DIY yang dibutuhkan. Untuk luas lahan tersebut menurut Beny masih dalam pembahasan. Kemudian, untuk konstruksinya nanti akan dilakukan oleh Pemerintah Pusat.

Menurut Beny, nantinya akan dilakukan integrasi layanan kereta, pesawat dan Trans Jogja.

“Yang [KA Bandara YIA sampai ke Stasiun Maguwo] Maguwo sudah ada diskusi. Namun harus mengatur perjalanan kereta nasionalnya yang dari Surabaya ke Jakarta melalui jalur selatan, kan double track, kalau disisihkan harus ada yang dilansirkan untuk kereta bandara,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Hore! Cakupan KA Bandara YIA Bakal Sampai Stasiun Maguwo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya