SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA–PT. Pos Indonesia (Persero) Jogja menawarkan prangko Prisma (Prangko Identitas Milik Anda) ke masyarakat. Langkah tersebut dilakukan untuk mendongkrak pendapatan selama Ramadan.

Selama Ramadan hingga Lebaran mendatang, PT Pos Indonesia memprediksi kenaikan pengiriman wesel hingga 100% transaksi bila dibandingkan hari-hari biasa.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Hal sama juga terjadi pada pengiriman paket, terutama 10 hari menjelang Idulfitri. Meski menambah layanan selama Ramadan dan Lebaran, biaya pengiriman jasa pos tidak akan dinaikkan.

Kepala Kantor Pos Jogja, Felix Firmano mengatakan, walaupun ada peningkatan layanan namun selama Ramadan dan lebaran pihaknya tidak akan menaikkan biaya pengiriman jasa pos. Sebaliknya, Kantor Pos akan menyamakan biaya pengiriman paket di masing-masing cabang.

“Semua tarif pengiriman, seperti pengiriman sepeda motor, yang banyak dilakukan menjelang lebaran akan disamakan di setiap kantor cabang. Ini agar tidak muncul pertanyaan di masyarakat,” jelasnya di Balai Kota, Senin (16/7).

Prangko Prisma, jelas Felix, merupakan produk pos dengan gambar yang bisa disesuaikan permintaan pemesan. Misalnya, gambar utama perangko bisa diisi foto diri, keluarga atau logo perusahaan dari pemesan. “Dengan copure (nilai nominal) 1.500 per lembar, menilai prangko ini tepat untuk berkirim kartu ucapan Lebaran,” tambah dia.

Kantor Pos Jogja, kata dia, merupakan satu di antara 12 kantor pos di Indonesia yang dilengkapi dengan mesin pencetak prangko Prisma. Masyarakat yang berniat memesan bisa langsung datang ke Kantor dengan membawa contoh gambar yang akan dicetak, baik dalam bentuk softcopy atau tidak. “Kalau mau gambar diri, bisa langsung datang untuk diprotret di kantor,” katanya.

Proses pembuatannya relatif cepat. Hanya membutuhkan waktu 5-10 menit per prangko dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk delapan lembar prangko Prisma, kata Felix, kantor pos memasang banderol harga Rp20.000. Adapun per 12 lembar Rp35.000 dan per 20 lembar Rp45.000.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya