SOLOPOS.COM - Puncak Suroloyo salah satu objek wisata di Kulonprogo (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Salah satu bukit di Puncak Suroloyo (JIBI/Harian Jogja/Nina Atmasari)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) yang ke-68, kaum muda Puncak Suroloyo menggelar atraksi budaya, Sabtu (17/8/2013) malam.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Kepada Harianjogja.com, Suyanto, salah seorang tokoh pemuda Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh mengatakan kegiatan atraksi kesenian itu merupakan kegiatan tahunan saat bulan Syawal dalam kalender Jawa. Akan tetapi tahun ini terasa spesial karena digelar bertepatan dengan HUT Kemerdekaan.

“Jadi suasananya peringatan 17-an. Kami generasi muda coba memaknai kemerdekaan dengan melestarikan kebudayaan tradisional,” kata dia, Minggu (18/8/2013).

Ada beberapa kesenian yang ditampilkan seperti jathilan, hadroh, tari topeng, serta aneka kesenian tradisional khas Suroloyo lainnya. Kegiatan yang digelar di halaman rumah Kepala Dusun Keceme tersebut melibatkan sedikitnya 50 pemuda dusun itu.

Menurut Yanto, selain akan disaksikan warga dusun tersebut, pihaknya juga mengundang beberapa tamu dari luar Suroloyo seperti pihak Koramil dan Polsek Samigaluh.

Suroloyo merupakan puncak tertinggi perbukitan pegunungan Menoreh yang membentang dari Kulonprogo, Magelang hingga Purworejo.

Di lokasi ini, jika cuaca cerah, para pengunjung bisa menikmati pemandangan wilayah Magelang, termasuk Candi Borobudur, wilayah Kota Jogja, dan beberapa gunung seperti Merbabu, Merapi, Selain itu juga ada fasilias pendukung seperti gardu pandang, permainan flying fox dan perkebunan teh serta kopi.
(JIBI/Harian Jogja/MG. Novriarizal Fernandez)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya