SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Awal tahun depan, Dinas Kebudayaan Kulonprogo akan mulai pisah dari Disbudparpora

Harianjogja.com, KULONPROGO- Kepala Dinas Kebudayaan Kulonprogo akan dilantik 4 Januari mendatang.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Berkaitan dengan proses pengisian jabatan Kepala Dinas Kebudayaan yang akan segera dijalankan tahun 2016 mendatang, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kulonprogo masih menunggu hasil keputusan dari bupati.

Namun, BKD menyatakan jika kemungkinan pelantikan SKPD tersebut baru akan dilaksanakan pada 4 Januari mendatang. “Setelah kita mengantongi namanya, kita urus administrasinya barulah dilantik tanggal 4 nanti,” ujar Trianto Raharjo, Kabid Perencanaan dan Pengembangan BKD Kulonprogo di kantornya, pada Senin (21/12/2015).

Meski harus segera dilantik, pejabat terkait baru akan bisa dilantik pada tanggal 4 karena tanggal-tanggal sebelumnya yang jatuh bukan di hari kerja. “Tanggal 1 kan tanggal merah, sedangkan 2 dan 3 akhir pekan jadi baru bisa dilantik tanggal 4,” imbuh Trianto.

Meski demikian, ia menyatakan tidak menutup kemungkinan jika pelantikan tersebut dilakukan di hari libur. Apalagi jika mempertimbangkan kebutuhan SDM yang mendesak.

“Sebelumnya ada pejabat yang dilantik hari Minggu kok,” jelas Trianto.

Menurutnya, pelantikan tersebut hanya membutuhkan pengurusan administrasi dan bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Ia menguraikan jika rencana pelantikan ini masih bisa berubah tergantung dengan waktu keluarnya keputusan pengisian jabatan Dinas Kebudayaan ini. Hingga saat ini, BKD sendiri tidak memiliki tenggat waktu tertentu untuk segera mengisi jabatan tersebut.

Namun, Trianto juga menyebutkan jika segera dilantik bertepatan dengan awal tahun akan memudahkan dalam perencanaan kegiatan dan anggaran dinas terkait nantinya.

Dinas Kebudayaan Kulonprogo akan dilengkapi dengan Sekretaris dan dua bidang yang masing-masing membawahi tiga seksi. Kebutuhan SDM berkaitan dengan ini diperkirakan sejumah 30 personil.

Trianto menyatakan bahwa selain mengambil SDM dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga yang merupakan dinas induk sebelumnya, kebutuhan SDM juga akan diambil dari beberapa instansi lainnya.

“Penataan SDM juga dari tempat lain, kalo dari Disbudparpora langsung dibagi dua jelas tidak mungkin,” ujar Trianto.

Kepala Disbudparpora Kulonprogo, Krissudiarto menyatakan jika pihaknya sudah siap untuk memisahkan diri. “Nanti per 2 Januari berpisah, sudah dalam proses,” ujar Krissudiarto.

Perubahan fungsi dinas yang dipimpinannya ini dianggap juga akan mampu memaksimalkan kinerja tiap instansi di masing-masing bidang. Pihaknya kini juga sedang menunggu keputusan akhir mengenai nama yang akan memimpin instansi yang bertugas mengurusi bidang kebudayaan setempat dari Bupati Kulon Progo jelas akhir Desember ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya