SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Harianjogja.com, JOGJA–Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini dikhawatirkan menimbulkan berbagai penyakit.
Adapun penyakit yang patut diwaspadai  diantaranya  demam berdarah, dengue fever, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Cacar Air.

Wakil Direktur Pelayanan RS Jogja Agus Sudrajat mengatakan demam berdarah perlu diwaspadai dalam kondisi cuaca seperti sekarang. “Suhu panas yang ekstrim dan diprediksi bakal terjadi hingga beberapa hari ke depan tentu perlu diwaspadai. Karena daya tahan tubuh akan menurun,” katanya.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Menurut dia, dengan penurunan daya tahan tubuh, ancaman demam berdarah, dan cacar air kian mudah terjadi. Apalagi terdapat kecenderungan pada Oktober serangan demam berdarah cukup tinggi.

“Biasanya untuk puncak serangan akan terjadi pada  November hingga Maret. Untuk itu kami harapkan warga untuk tetap menjaga kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh,” terang dia.

Data yang ada di RS Jogja, lanjut dia, tercatat pada 2012 ada kenaikan 60 persen jumlah penderita demam berdarah yang dirawat di tempat tersebut. Adapun jumlah pasien yang dirawat karena menderita penyakit tersebut pada puncak serangan mencapai 70 orang. Jumlah pasien itu meningkat tajam dibandingkan saat kondisi normal, yakni 30 orang.

Dia mengungkapkan selain penyakit tersebut,  ISPA juga perlu diantisipasi. “ISPA terbagi menjadi dua saluran atas dan bawah. Biasanya terjangkit kepada anak-anak karena memang sistem daya tahan tubuh atau imunnya belum kuat,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya