SOLOPOS.COM - Ilustrasi persiapan logistik pemilihan umum (pemilu). (JIBI/Solopos/Antara)

Jelang pendaftaran partai politik Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum(KPU) Sleman mulai koordinasi dengan Pemkab Sleman

 
Harianjogja.com, SLEMAN-Jelang pendaftaran partai politik Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum(KPU) Sleman mulai koordinasi dengan Pemkab Sleman. Koordinasi ini diperlukan khususnya dalam pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Pertemuan antara KPU Sleman dengan Bupati Sleman, Sri Purnomo digelar di Setda, Senin (2/10/2017). Ahmad Shidqi, ketua KPU Sleman menerangkan pertemuan ini menjadi koordinasi awal menghadapi penyelenggaraan pemilu serentak nasional 2019 mendatang.

“Dihitung mundur memang masih lama tapi tahapannya banyak, salah satunya irisan dengan pemerintah Sleman,” ujarnya usai pertemuan.

Menurutnya, kerjasama dua pihak akan banyak dilakukan dalam perektrutan PPS dan PPK khususnya dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk teknisnya. Ia berharap koordinasi ini bisa mengawali kelancaran puncak pemilu pada 17 April 2019 itu. Selain bupati, Ahmad mengatakan jika koordinasi serupa juga akan dilaksanakan dengan DPRD Sleman dan Polres Sleman.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan keterlibatan pemerintah daerah juga termasuk dalam sosialisasi dengan camat dan kepala desa. “Prinsipnya kami[Pemkab Sleman] siap bantu KPU dalam rangka suksesnya pemilu,” jelasnya. Menurutnya, ada sejumlah tahapan yang memang menjadi domain utama KPU.

Meski demikian, untuk sejumlah tahapan, bupati telah mengimbau sejumlah OPD untuk berdiskusi dengan KPU memastikan semua lancar tanpa kendala. Lebih lanjut, ia juga berharap jika jumlah parpol peserta pemilu secara kuantitatif juga naik kali ini. Sebisa mungkin, masyarakat diminta untuk tidak golput dan memanfaatkan kesempatannya memilih wakilnya di jajaran legislatif.

Adapun, tahapan pemilu 2019 akan dimulai secara serentak dengan pendaftaran parpol pada 3 Oktober 2017 hingga 16 Oktober. Tahapan akan dilanjutkan dengan penetapan parpol peserta pemilu 2019 pada 17 Februaru 2018. Sebelumnya, KPU telah melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis pendaftaran pada parpol 1 Oktober lalu.

Sementara pengumuman pendaftaran akan dilakukan tanggal 1-3 Oktober. Diperkirakan akan ada parpol yang baru yang bakal muncul dalam pemilu kali ini, sesuai konsultasi resmi yang telah diterima KPU Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya