SOLOPOS.COM - Aktivitas di Pantai Gesing di Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang. Di wilayah ini akan dibangun pelabuhan pendaratan ikan dan proses sudah memasuki tahapan pembebasan lahan. foto diambil 28 Februari 2021-Harian Jogja - David Kurniawan

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pantai Gesing yang ada di Kapanewon Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta, bakal menjadi Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) pada 2023. Sebagai persiapan, sebanyak 30 nelayan di kawasan Pantai Gesing mengikuti program magang penangkapan ikan di kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Sadeng di Kapandewong Girisubo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Khrisna Berlian, mengatakan sudah ada persiapan beroperasinya PPI Gesing, meski proses pembangunan masih berlangsung. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan pelatihan alih teknologi penangkapan menggunakan kapal yang lebih besar kepada nelayan di kawasan Pantai Gesing.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Total ada 30 nelayan yang dikirim untuk menjalani magang ke kapal-kapal di Pelabuhan Sadeng. “Magang sudah dilaksanakan Maret lalu dan sudah selesai,” kata Khrisna kepada Harianjogja.com [Solopos Media Group], Minggu (5/6/2022).

Dia menjelaskan selama magang para nelayan tidak hanya diberikan pelatihan. Namun dalam pelaksanaannya langsung terjun untuk aktivitas penangkapan ikan di laut menggunakan kapal besar.

Baca Juga: Kasus PMK Meluas, Seluruh Pasar Hewan di Gunungkidul Ditutup Sementara

“Magang dilaksanakan selama 15 hari. Ada tiga kali penangkapan dengan sekali melaut waktunya selama lima hari,” ungkapnya.

Khrisna menambahkan, penyiapan sumber daya manusia untuk pengoperasian Pelabuhan Gesing juga bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY.

Rencanaya tahun depan juga ada program magang nelayan untuk menambah keahlian dan kemampuan nelayan untuk mengoperasikan kapal lebih besar.

Baca Juga: Bocah Gunungkidul Ditemukan Meninggal Tenggelam saat Bermain di Sungai

“Program magang akan disambung lagi di tahun depan,” katanya.

Dengan program magang ini, dia berharap para nelayan dapat belajar sehingga alih teknologi ini menjadi bekal pada saat pelabuhan benar-benar dioperasikan. Selain itu, juga ada program kaderisasi nelayan hingga mendorong untuk bergabung dengan koperasi guna memperkuat permodalan.

“Jadi kami persiapkan mulai dari sekarang,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tahun Depan Pantai Gesing Jadi Pelabuhan, 30 Nelayan Magang ke Sadeng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya