SOLOPOS.COM - Jalan Malioboro sebagai ikon pariwisata Kota Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Bandara Kulonprogo akan mempermudah akses menuju Jawa Tengah lewat jalur Pegunungan Menoreh

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah daerah sekitar DIY mulai mengambil ancang-ancang dengan membuka akses wisata menuju New Yogyakarta International Airport (NYIA). Hal itu mulai membuat cemas para pelaku wisata dan perhotelan di Jogja karena dinilai dapat mengurangi lama tinggal wisatawan di Jogja.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

“Kalau melihat dari kacamata perhotelan, sangat khawatir jika bandara baru dapat diakses langsung ke Jawa Tengah. Namun, hal ini perlu disikapi,” ujar Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) DIY, Udi Sudiyanto saat dihubungi Harianjogja.com, Kamis (3/11/2016).

Udi mengakui, dampak pembangunan bandara NYIA sudah mulai membuat banyak hotel bermunculan di wilayah Jawa Tengah. Dampak dari banyaknya hotel yang tumbuh di daerah sekitar DIY akan memengaruhi length of stay atau lama tinggal wisatawan di Jogja. Meski demikian, baik travel agen maupun pelaku perhotelan mesti lebih kreatif, baik dalam promosi wisata maupun objek wisata yang dipromosikan.

“Pelaku wisata harus lebih agresif. Masih ada waktu sekitar tiga tahun ke depan untuk berbenah,” jelas Udi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya