SOLOPOS.COM - Peletakkan batu pertama pembangunan lahan relokasi warga terdampak bandara dilakukan di Congot, Jangkaran, Temon pada Jumat (17/3/2017). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo, peletakan batu pertama lahan relokasi dilakukan.

Harianjogja.com, KULONPROGO — Peletakkan batu pertama pembangunan lahan relokasi warga terdampak bandara dilakukan di Congot, Jangkaran, Temon pada Jumat (17/3/2017). Pengosongan lahan bandara diminta realistis menunggu hingga pembangunan hunian baru warga selesai dilakukan.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Baca Juga : BANDARA KULONPROGO : Pengosongan Diminta Realistis

Penjabat Bupati Kulonprogo, Budi Antono mengatakan pembangunan rumah relokasi diperkirakan akan bisa selesai dilakukan dalam 90 hari. Waktu tersebut dianggap relatif cepat karena rumah yang dibangun hanya 1 lantai. Ia juga mengatakan jika pengosongan lahan bisa dilakukan setelah pembangunan tersebut usai.

Pemkab sendiri masih terus menyusun izin penggunaan tanah kas desa kepada Gubernur DIY. Namun, Budi meyakinkan jika proses relokasi masih bisa terus dilakukan. Penggunaan tanah kas desa sebagai lahan relokasi sendiri disebutkan sudah masuk dalam nota kesepahaman antara pemerintah daerah dengan pihak terkait yang ditandatangani pada November lalu.

Camat Temon, Djaka Prasetya mengatakan warga terdampak bandara menggunakan tanah kas desa seluas 12,4 hektar yang digunakan untuk 260 KK. Selain itu, adapula tanah PAG seluas 9.100 meter untuk 46 KK. Total, terdapat 326 KK yang direlokasi baik di tanah kas desa maupun lahan PAG. Ia menyebutkan jika pembentukan kelompok pendamping pembangunan sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Jumlah kelompok juga disesuaikan dengan jumlah KK yang akan direlokasi di tanah kas desa masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya