SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Banjir Jogja terjadi di sejumlah wilayah pada Selasa sore

Harianjogja.com, JOGJA-Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Jogja dan sekitarnya, Selasa (21/3/2017) sore, menyebabkan semua sungai yang melintas kota meluap. Belasan rumah yang ada di bantaran sungai pun terendam.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Laporan sementara dari Pusat Pengendalian Operasional Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, sampai pukul 18.30 WIB, luapan sungai Gajah Wong menggenangi dua rumah di wilayah Pandean dan Balerejo, Umbulharjo.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Buntung juga meluap sekitar 300 sentimeter dan menggenangi 11 rumah di Kricak Tegalrejo, dan 18 rumah di Karangwaru Lor dan Kidul, Blunyahrejo. Sementara dua rumah tergenang akibat luapan Sungai Belik di wilayah Terban.

“DAS Code dan DAS Winongo juga meluap namun belum ada laporan masuk lapangan,” kata Kepala BPBD Kota Jogja, Agus Winarto. Ia mengatakan hujan terjadi sejak pukul 14.40 WIB sampai pukul 17.08 WIB.

Selain menggenangi rumah warga akibat debit sungai meningkat. Hujan juga menggenangi sejumlah ruas jalan, di antaranya Jalan Batikan Umbulharjo, Jalan Pramuka, dan Jalan Menteri Supeno. Agus mengimbau masyarakat tetap waspada karena potensi hujan masih terjadi sampai beberapa hari kedepan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) DIY sudah memberikan peringatan dini cuaca ekstrem bahwa kemarin potensi hujan dengan intensitas sedang sampai lebat disertai kilat dapat terjadi di sebagian besar wilayah Sleman dan Bantul bagian utara dan dapat meluas ke sebagian besar wilayah Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya