SOLOPOS.COM - Ilustrasi luapan air banjir (Onlyhdwallpapers.com)

Banjir Jogja terjadi di daerah Umbulharjo.

Harianjogja.com, JOGJA — Hujan deras yang menggurur wilayah Jogja dan sekitarnya, Kamis (10/11/2016) sore, membuat semua sungai yang melintasi wilayah Kota Jogja meluap. Bahkan luapan air sungai sempat menggenngi pemukiman warga di sekitar bantaran sungai.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

“Terjadi peningkatan debit air di semua sungai dan banjir menggenangi rumah warga,” Kata Kepala BPBD Kota Jogja, Agus Winarto.

Data dari Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD Kota Jogja, mencatat luapan sungai Gajahwong menggenangi pemukiman di wilayah Gambiran, Mrican, Tegalgendu, Warungboto, Prenggan, dan Balerejo.

Sebanyak 9 rumah di wilayah tersebut tergenang. Sementara di Sungai Belik menggenangi wilayah Sagan, Terban di RT 47 RW 10. Genangan juga terjadi di wilayah pemukiman warga di Tegalrejo dari Sungai Winongo. Kemudin Karngwaru, Kricak, dan Bangunrejo akibat luapan Sungai Buntung.
Sementara gorong-gorong jebol di Bintaran RT 11 RW 03 Wirogunan, Mergangsan akibat arus Sungai Code. Sementara luapan Sungai Mnunggal menggenngi Jalan Batikan, Umbulharjo.

Agus mengatakan genangan air tidak berlangsung lama. Tidak ada warga yang harus mengungsi dari kejadian tersebut serta tidak ada korban jiwa, “Sudah kami imbau melalui early warning system untuk tidak mendekati sungai ketika debit air meningkat,” ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya