SOLOPOS.COM - Bupati Bantul (dua kanan) didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Heni Purwanta (kanan) dalam acara penyerahan bantuan Alat Mesin Pertanian kepada 35 kelompok tani di Pendopo Parasamya, Bantul, Selasa (19/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Bantuan pertanian diberikan pada 35 kelompok tani di Bantul

Harianjogja.com, BANTUL- Sebanyak 35 kelompok tani mendapatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa hand traktor. Bantuan sebanyak 35 hand traktor tersebut berasal dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Heni Purwanta mengatakan bantuan yang diberikan dari Kementrian tersebut memang berbentuk barang bukan uang.

“Karena memang bantuan berupa barang, maka secepatnya kita segera bagikan agar kemudian langsung bisa dipakai oleh kelompok-kelompok tani tersebut,” ujarnya, Selasa (19/4/2016).

Namun demikian sebanyak 35 alsintan tersebut barulah diterimakan kepada sebagian kecil saja kelompok tani, karena pada kenyataannya menurut data dari Dispertahut di Bantul ada setidaknya 818 kelompok tani.

“Memang masih banyak sekali yang belum bisa menerima bantuan alsintan, namun kami masih mengupayakan kelompok petani lainnya untuk mendapatkan bantuan yang selanjutnya,” papar Heni.

Heni menambahkan dalam pemberian bantuan tersebut memang tidak bisa diberikan kepada semua kelompok tani, hanya kelompok tani yang sudah berbentuk badan yang bisa menerima bantuan dari pemerintah pusat ini.

Hal tersebut agar menjadi perhatian bagi kelompok tani lain yang belum berbentuk badan, supaya segera secepatnya mengurus melalui notaries untuk menjadikan kelompok tani mereka menjadi badan yang sesuai dengan aturan.

“Untuk bantuan ini kami hanya bisa mengupayakan kelompok tani yang sudah berbetuk badan, dan juga yang sudah membuat pengajuan proposal bantuan,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya