SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan sosial. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Bantuan warga miskin di Jogja melalui program Karti Menuju Sejahtera tahun ini berkurang

Harianjogja.com, JOGJA-Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Jogja telah mengeluarkan data pemegang kartu menuju sejahtera (KMS) tahun ini yang jumlahnya ada 18.730 kepala keluarga (KK). Jumlah KMS ini menurun dari tahun lalu yang mencapai 18.881 (0,7%).

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Jumlah KMS tahun ini pun jauh dibawah angka usulan RT/RW dan data 2015 sebelum diverifikasi yang mencapai 26.153 KK. “Setelah kami verifikasi data tahun lalu ditambah usulan warga, ada sejumlah calon pemegang KMS yang sudah tidak memenuhi kriteria,” kata Kepala Dinsosnakertrans Kota Jogja, Hadi Muhtar di Balai Kota, Senin (18/1/2016).

KMS Kota Jogja merupakan kartu sakti untuk warga miskin dan warga rentan miskin. Kartu tersebut dapat dimanfaatkan untuk meringankan biaya sekolah, biaya kesehatan, sampai mengakses bantuan perbaikan rumah yang tidak layak huni.

Hadi mengatakan dari 18.730 KK pemegang KMS ada 60.195 jiwa. Data tersebut pun kini sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Wali Kota Jogja Nomor 452 Tahun 2015 pada akhir Desember lalu. Data ini juga akan segera disosialisasikan melalui kecamatan dan kelurahan.

Saat ini, Dinsosnakertrans Kota Jogja masih memproses percetakan kartu sampai Maret mendatang. Namun demikian, bagi warga yang akan menggunakan KMS segera asalkan namanya tercatat sebagai penerima KMS bisa mendatangi Dinsosnakertrans untuk dibuatkan surat keterangan sementara.

“Walau pun belum dicetak tapi pemegang KMS bisa memanfaatkannya mulai Januari ini dengan keterangan sementara,” ujar Hadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya