SOLOPOS.COM - Salah satu ular yang masuk rumah warga Jogja dan dievakuasi oleh petugas Damkar. Istimewa

Solopos.com, JOGJA — Hewan liar yang masuk ke rumah warga di Kota Jogja marak pada musim penghujan. Bahkan, petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Jogja beberapa kali mengevakuasi hewan liar seperti musang, biawak, hingga ular.

Per September 2022, Damkar Kota Jogja telah mengevakuasi 177 sarang tawon, 55 kali evakuasi ukar dan biawak, serta 42 penyelamatan kucing dan anjing.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Kepala Damkar Jogja, Octo Noor Arafat, mengatakan per Oktober ini, pihaknya telah melakukan evakuasi terhadap 10 ekor ular, satu ekor biawak, dan dua ekor musang.

Dia menyampaikan untuk evakuasi musang liar ini tergolong jarang dilakukan.

“Kalau musang memang agak janggal, karena di perkotaan padat penduduk tapi ada musang liar yang sampai mengganggu rumah warga,” kata dia, Rabu (26/10/2022).

Baca Juga: Hibur Wisatawan, Agenda Selasa Wagen Kembali Digelar di Malioboro Jogja

Octo menuturkan musang liar yang masuk ke permukiman warga ini ditengarai sebagai dampak perubahan iklim yang menyebabkan habitat mereka rusak. Terutama saat musim penghujan karena habitat mereka diterjang banjir.

“Karena memang banyak tempat di Jogja terutama pinggir sungai yang memang sudah tinggi airnya kalau musim hujan jadi mungkin habitat musang rusak terus ke rumah warga,” ujarnya.

Dia menjelaskan kawasan permukiman warga yang berada di bantaran sungai cukup rawan terjadi kasus hewan liar masuk rumah.

“Jadi memang warga harus ekstra hati-hati, apalagi di musim penghujan ini,” katanya.

Baca Juga: Jos! Obelix Village Jogja Serap 120 Tenaga Kerja & Berdayakan Warga Sekitar

Beberapa kesalahan warga, lanjut Octo, dalam penanganan invasi hewan liar adalah penggunaan garam grosok.

“Ular dan reptil lain itu tidak mempan dengan garam grosok, justru yang harus digunakan adalah bahan-bahan wewangian seperti kapur barus, semprotan pengharum ruangan, dan lainnya,” jelasnya.

Penataan lingkungan, jelas Octo, juga harus diperhatikan karena biasanya hewan liar masuk rumah yang berantakan.

“Jadi untuk menanggulanginya saya imbau untuk penataan lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga: Empat PNS Pemkab Gunungkidul Dipecat, Kasusnya Pemerkosaan & Perselingkuhan

Pelatihan bagi sukarelawan Damkar Jogja dilakukan untuk mengantisipasi terus tingginya invasi hewan liar ke rumah warga.

“Tapi tetap jika butuh bantuan Damkar Jogja, silahkan hubungi call center kami, nanti kami bantu evakauasi” tegasnya.

Berikut ini call center Damkar Jogja jika masyarakat butuh bantuan evakuasi hewan liar yang masuk ke rumahnya, 0811-2828-133 dan 0274-587101.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Waduh..Banyak Hewan Liar Masuk Rumah Warga Jogja Sejak Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya