SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Jalan aspal di Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, yang baru berumur tiga tahun sudah rusak dan mengelupas. Pemerintah Desa (Pemdes) Pendoworejo akan mengupayakan perbaikan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Jalan yang rusak berada di ruas Jetis-Klepu (Banjararum, Kalibawang). Jalan desa sepanjang 3.650 meter ini rusak parah, permukaan aspal mengelupas di beberapa titik dan menampakkan bagian dalamnya berupa batu.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Permukaan jalan itu berupa batu-batu yang membahayakan pengendara. “Jika tidak hati-hati, pengendara bisa tergelincir,” ungkap Kepala Desa Pendoworejo, R. Landung Wiyana, saat ditemui Harian Jogja, Senin (20/2).

Ia mengungkapkan, jalan tersebut baru diaspal pada 2009. Awalnya, ketika ada rencana pengaspalan, Pemdes mengusulkan agar proyek menggunakan sistem swakelola oleh desa, dan akan dikerjakan dengan tenaga dari masyarakat setempat. Alasannya, selain memberikan pekerjaan pada warga, juga akan memberi semangat pada warga untuk mengerjakannya. Pasalnya, merekalah yang akan menggunakan fasilitas jalan itu.

Namun, DPU Kulonprogo yang memiliki kewenangan menetapkan pengaspalan ditenderkan dan dilaksanakan oleh rekanan. “Jadinya seperti ini,” ujar Landung.(Harian Jogja/Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya