SOLOPOS.COM - Suasana di Jungwok Blue Ocean yang diklaim mirip dengan objek wisata Santorini di Yunani. Foto diambil Sabtu (21/10/2023). (Harian Jogja/David Kurniawan)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pantai selatan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak henti-hentinya dikembangkan. Terbaru, ada pantai bernama Jungwok Blue Ocean di Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo, yang kini menarik untuk dikunjungi.

Bagaimana tidak, tempat wisata ini menawarkan pemandangan berbeda dalam menikmati pantai. Bahkan konsep yang diusung pun berbeda, yaitu mengambil konsep dari wisata terkenal di Eropa.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sepintas, konsep wisata yang ditawarkan Jungwok Blue Ocean ini tidak berbeda dengan destinasi wisata premium lainnya di Gunungkidul.

Selain harus membayar tiket retibusi wisata milik pemkab, pengunjung juga diwajibkan membayar tiket masuk ke destinasi ini. Konsep besarnya juga masih mengendepankan pemandangan dengan view lautan dari atas perbukitan. Hal yang membedakan terletak pada bentuk bangunan. Jungwok Blue Ocean mereplikasi wisata terkenal di Eropa, tepatnya Santorini di Yunani.

Gaya dan bentuk bangunan dibuat mirip dengan tembok bangunan berwarna putih yang dilengkapi dengan kubah berwarna biru. Kemiripan lainnya juga terlihat pada sisi lokasi karena tak hanya Santorini yang berada di bekas letusan gunung berapi, Jungwok Blue Ocean juga terletak di gugusan Gunung Api Purba Batur di Pantai Selatan Gunungkidul.

Untuk akses relatif bagus karena jalurnya kombinasi jalan beraspal dan cor blok, dengan panjang kurang lebih satu kilometer dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Pengunjung bisa langsung menuju ke akses Pantai Wediombo. Sebelum sampai di parkiran Wediombo, ada jalur ke timur yang menjadi rute ke Pantai Jungwok.

Komisaris Utama Jungwok Ocean View, Iwany Lena Permata, mengatakan pihaknya ingin ikut berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata di Gunungkidul. Adapun lokasi yang dipilih berada di pesisir timur, tepatnya di Pantai Jungwok di Kalurahan Jepitu, Girisubo.

“Sudah dibuka mulai hari ini,” kata Lena kepada wartawan, Sabtu (21/10/2023).

Dia menjelaskan untuk konsep destinasi ingin membangun seperti destinasi wisata Santorini di Yunani. Bukan hanya itu, pembangunan serta pengoperasian kawasan wisata ini juga mendatangkan ahli dari Santorini.

“Biar nuansannya sama persis dengan aslinya,” katanya.

Lena memastikan untuk pengembangan juga melibatkan warga setempat. Total ada sekitar 50 karyawan yang bekerja dan masyoritas berasal dari wilayah Kalurahan Jepitu dan sekitarnya.

“Tentunya kami libatkan warga serta ada stan UMKM yang bisa dipergunakan untuk menjual produk yang dihasilkan,” katanya.

Ditambahkannya, Jungwok Blue Ocean memberikan spot-spot foto yang dipergunakan secara gratis. Selain itu, juga ada tempat bermain anak, restoran, mini pool, dan bar untuk pengunjung.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno, mendukung upaya pengembangan wisata dengan melibatkan investor. Meski demikian, ia mengingatkan pengembangan harus melibatkan warga lokal sehingga bisa ikut merasakan manfaatnya.

“Jangan biarkan warga lokal hanya jadi penonton. Jadi, harus ikut dilibatkan dalam pembangunan maupun pada saat pengoperasiannya,” kata Suharno.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judulKeren! Pantai Jungwok Dikembangkan Ala Santorini Eropa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya