SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia meloloskan 2000 orang dosen, mayoritas adalah dosen UGM

Harianjogja.com, JOGJA – Kementerian Riset dan Teknologi Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) menyatakan sebanyak 2000 pelamar yang mendaftarkan diri dalam program Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) lolos seleksi.  Dari jumlah itu dosen dari Universitas Gadjah Mada (UGM) tercatat menjadi yang paling banyak menerima beasiswa itu.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Menristekdikti M. Natsir menyatakan, dari 2000 penerima beasiswa, 208 di antaranya merupakan dosen UGM. Sisanya didapat secara merata dosen-dosen di seluruh Indonesia.

“Paling banyak memang UGM, dosen di sini mencapai 10 persen sendiri dari keseluruhan penerima yang lolos seleksi,” ujar M. Natsir saat memberikan arahan kepada para penerima BUDI di Grha Sabha Pramana UGM, Jumat (7/10/2016).

Selanjutnya Natsir berpesan, seorang dosen harus profesional dalam mendidik sekaligus menjadi seorang ilmuan yang mampu menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam kegiatan pembekalan ini, Nasir memaparkan tantangan besar yang harus dihadapi bangsa Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi agar tidak tersingkir dan termarjinalkan dalam persaingan global. Jika dibandingkan dengan Cina, ia menjelaskan, Indonesia memiliki jumlah perguruan tinggi yang jauh lebih banyak.

Kendati  demikian, secara kualitas, perguruan tinggi di Indonesia masih kalah unggul dibandingkan dengan Tiongkok.

Bersambung halaman 2

“Di Indonesia jumlah penduduknya 255 juta, dan kita memiliki 4.350 perguruan tinggi. Kalau dikomparasi dengan Cina yang jumlah penduduknya 1,4 miliar, mereka hanya punya 2.824 perguruan tinggi. Tapi 10 dari perguruan tinggi mereka bisa masuk ke dalam peringkat 500 universitas terbaik di dunia,” jelasnya.

Ia menyebutkan dua hal yang menjadi tantangan bagi pengembangan perguruan tinggi di Indonesia, yaitu inefisiensi dan inefektivitas proses pembelajaran. Karena itu, ia pun menuntut para penerima beasiswa untuk dapat menjadi penggerak kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Dengan pemberian beasiswa ini kami menuntut para mahasiswa untuk terus meningkatkan mutu. Ini yang harus didorong agar pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. Dengan mutu yang baik, kita bisa meningkatkan index persaingan global,” ujarnya.

Hal serupa disampaikan oleh rektor UGM Dwikorita Karnawati  saat memberikan sambutan. Ia menyambut baik program beasiswa yang ditawarkan Kemristekdikti bersama LPDP yang selaras dengan niatan UGM untuk memperbanyak jumlah mahasiswa pascasarjana dalam rangka menjadikan pendidikan pascasarjana sebagai tulang punggung pendidikan di UGM.



Hal ini, menurutnya, menjadi hal yang penting mengingat peran pendidikan pascasarjana dalam mengembangkan riset dan IPTEK di Indonesia.

“Dengan arah pengembangan tersebut, beasiswa BUDI dapat semakin mempercepat ketangguhan pendidikan pascasarjana di berbagai universitas di Indonesia,” paparnya.

Pada tahun ini BUDI diberikan kepada 2.087 dosen  yang melanjutkan studi di 50 Perguruan Tinggi Negeri dan sembilan Perguruan Tinggi Swasta di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Rekomendasi Saham dari Analis

IHSG Diprediksi Menguat, Berikut Rekomendasi Saham dari Analis
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Senin, 6 Mei 2024 - 08:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli saham. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) berpotensi menguat  pada pekan ini, dipengaruhi berbagai sentimen baik dari global maupun domestik.

Simak prediksi IHSG dan rekomendasi saham, dari GOTO hingga TLKM pada perdagangan pekan ini. Head Customer Literation and Education Kiwoom Sekuritas Oktavianus Audi mengatakan, IHSG pekan ini akan menguji support jangka panjangnya di MA200 dan menjadi level psikologis di level 7.000. Indikator MACD menunjukkan tren yang cenderung landai dengan RSI masih bergerak di bawah level 50.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

“Meski demikian, kami melihat jika bertahan di atas level 7.000 maka potensi penguatan masih berpotensi terjadi pada pekan depan. Rentang IHSG diperkirakan berada di level support 7.056 dan resistance 7.230,” ujar Audi kepada Bisnis, Minggu (5/5/2024).

Dari sentimen dalam negeri, rilis pertumbuhan PDB Indonesia kuartal I/2024 diperkirakan tumbuh sebesar 4,8% year-on-year (yoy) atau lebih rendah dari periode sebelumnya sebesar 5,04% yoy.

Koran Solopos

“Kami mengkhawatirkan jika Pemilu tahun ini gagal mendongkrak konsumsi dan pertumbuhan, terlebih jika data akan berada di bawah ekpsektasi pasar. Namun, rilis kinerja kuartal I dan pembagian dividen tahun buku 2023 juga masih akan memberikan sentimen terhadap pasar pekan depan,” katanya.

Sementara itu, dari sentimen global, rilis data pekerjaan Amerika Serikat (AS) pada April 2024 tumbuh lambat jauh dibawah ekspektasi pasar sebesar 175.000 atau turun dari sebelumnya sebesar 315.000 penambahan pekerjaan baru. Terlebih, tingkat penggangguran AS 2024 naik ke level 3,9% berada di atas ekspektasi dan periode sebelumnya.

Menurutnya, hal itu diperkirakan akan membuat The Fed untuk bersikap dovish, dan akan memberikan sentimen positif untuk IHSG dan rupiah dengan potensi pemangkasan suku bunga dapat terjadi.

Emagazine Solopos

Dia mengatakan, investor dapat memanfaatkan momentum dari sentimen pelemahan data tenaga kerja AS yang diperkirakan akan membuat outflow, seiring dengan potensi pemangkasan suku bunga kian meningkat. Sejauh ini, The Fed masih menahan suku bunga di kisaran 5,25%-5,5% pada FOMC 1 Mei 2024.

“Ditambah jika IHSG berhasil mempertahankan level psikologisnya, maka kami meyakini pekan depan akan cenderung menorehkan performa positif,” jelas Audi.

Di lain sisi, Sekretaris Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan IHSG pekan ini mengalami peningkatan sebesar 1,40% dan parkir pada level 7.134,72 pada Jumat (3/5/2024), dari level 7.036,07 pada penutupan pekan lalu.

Interaktif Solopos

“Peningkatan tertinggi selama sepekan terjadi pada rata-rata nilai transaksi saham, yaitu sebesar 9,78% menjadi Rp14,95 triliun dari Rp13,62 triliun pada penutupan pekan yang lalu,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Kapitalisasi pasar juga naik sebesar 2,20% menjadi Rp12.012 triliun dari Rp11.754 triliun pada pekan sebelumnya. Sementara itu, rata-rata volume transaksi harian selama sepekan mengalami penurunan sebesar 3,27% menjadi 18,59 miliar lembar saham dari 19,22 miliar lembar saham dari penutupan pekan lalu.

Adapun, pergerakan investor asing pada Jumat (3/4/2024) mencatatkan nilai jual bersih sebesar Rp859,52 miliar dan sepanjang tahun 2024 investor asing mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp4,49 triliun secara year-to-date (ytd).



Rekomendasi saham Kiwoom Sekuritas antara lain GOTO, BBNI, BRIS, hingga TLKM.

Sebelumnya, IHSG Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (3/5/2024) sore ditutup menguat dipimpin oleh saham- saham sektor kesehatan.

IHSG ditutup menguat 17,30 poin atau 0,24 persen ke posisi 7.134,72. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 4,58 poin atau 0,51 persen ke posisi 903,33.

“Untuk saat ini, investor tampak mengesampingkan kekhawatiran mengenai suku bunga dan fokus pada rilis laporan keuangan korporasi, serta mengantisipasi rilis data pasar tenaga kerja (Non-Farm Payrolls) Amerika Serikat (AS),” sebut Tim Riset Phillip Sekuritas Indonesia dalam kajiannya di Jakarta, Jumat seperti dilansir Antaranews.

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, lima sektor menguat dipimpin sektor kesehatan yang naik 1,71 persen, diikuti sektor teknologi dan sektor barang konsumen primer yang masing-masing turun sebesar 1,08 persen dan 0,41 persen.

Sementara itu enam terkoreksi yaitu dipimpin sektor barang baku yang minus 0,58 persen, diikuti sektor transportasi & logistik dan sektor barang industri yang masing-masing turun sebesar 0,29 persen dan 0,24 persen.

Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu LABA, RAAM, NASI, ACRO dan CLEO. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar yakni ATLA, SURI, MHKI, MANG, dan PYFA.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 964.832 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 20,99 miliar lembar saham senilai Rp11,80 triliun. Sebanyak 254 saham naik, 288 saham menurun, dan 231 tidak bergerak nilainya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Erick Thohir Marah, Ingatkan Garuda Muda Main sebagai Tim Kontra Guinea

Erick Thohir Marah, Ingatkan Garuda Muda Main sebagai Tim Kontra Guinea
author
Abu Nadzib , 
Abu Nadzib Senin, 6 Mei 2024 - 07:08 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ketum PSSI Erick Thohir. (pssi.org)

Solopos.com, SOLO — Permainan Marselino Ferdinan paling disorot saat Indonesia kalah dari Irak dalam perebutan juara ketiga Piala Asia U-23 sekaligus perebutan tiket ke Olimpiade Paris, Kamis (2/5/2024) lalu.

Pemain KMSK Deinze itu dianggap terlalu egois dan enggan membagi bola kepada rekan lainnya sehingga mudah dipatahkan para pemain Irak.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Warganet ramai-ramai mengungkapkan kekecewaan mereka di dunia maya atas permainan Marselino Ferdinan. Di saat bersamaan Marselino mengunggah tulisan ‘hahaha negara lucu’ di instant story Instagramnya yang kian memanaskan suasana.

Sejumlah tokoh sepak bola mengingatkan Marselino agar lebih dewasa bersikap. Warganet juga diingatkan agar tidak gampang menghujat pemain yang performanya menurun.

Koran Solopos

Tak kurang Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga kecewa dengan permainan Indonesia kontra Irak yang membuat tiket Olimpiade melayang.

Padahal secara kualitas Indonesia bisa mengimbangi Irak dan berpotensi mengalahkannya. Indonesia bahkan unggul lebih dulu melalu tendangan keras Ivar Jenner di menit ke-18.

Namun setelah itu Indonesia bermain kurang padu dan cenderung menonjolkan skill individu yang membuat Irak bisa meredam serangan Garuda Muda.

Emagazine Solopos

Irak baru bisa menciptakan gol penentu di babak tambahan waktu melalui kesalahan kapten tim Justin Hubner.

Dalam unggahan video singkat di akun Instagramnya yang lantas viral di media sosial, Erick Thohir terlihat menahan marah saat berada di ruang ganti.

Raut mukanya terlihat tegas dan nada bicaranya tinggi.

Interaktif Solopos

Ia menantang skuad Garuda Muda apakah masih ingin melanjutkan perjuangan meraih satu tiket ke Olimpiade.

Jika iya, Erick Thohir meminta Garuda Muda bermain sebagai tim dan bukan permainan invidivu.

“Kita jatuh bersama bangun bersama. Sepak bola bukan permainan dua orang tapi 11 orang. Masih ada satu kesempatan. Kalian harus bermain lagi sebagai sebuah tim. Semua momen harus dimanfaatkan. Masih mau main? Ayo fight back. Come on!” tanya Erick dengan nada tegas yang dijawab “siap” oleh Rizky Ridho dkk.



Indonesia punya kesempatan terakhir mendapatkan tiket Olimpiade dalam laga play off kontra Guinea pada Kamis (9/5/2024).

Laga digelar tanpa penonton di Prancis. Erick Thohir meminta Garuda Muda bermain sebagai tim saat melawan Guinea.

Pengamat sepak bola Justinus Lhaksana menilai Marselino bermain terlalu egois saat lga melawan Irak. Hal itu, kata mantan pelatih Timnas Futsal Indonesia ini, merugikan tim yang sedang mengejar gol untuk memenangkan pertandingan.

“Dia pemain yang sangat potensial tapi kalau dia tidak bisa mengendalikan egonya dia takkan ke mana-mana. Di Eropa tidak bisa seperti itu (bermain individu). Ujung-ujungnya kembali ke Liga 1,” kritik Koci, sapaan Justinus Lhaksana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Blue Print BUMN hingga 2034 Disiapkan, Sektor Pupuk dan Pangan akan Disatukan

Blue Print BUMN hingga 2034 Disiapkan, Sektor Pupuk dan Pangan akan Disatukan
author
Newswire , 
Anik Sulistyawati Senin, 6 Mei 2024 - 06:49 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi BUMN (kementeri BUMN)

Solopos.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan rancangan blue print BUMN hingga tahun 2034, yang mencakup rencana integrasi di antaranya penyatuan sektor pangan dan pupuk.

“Kami punya blue print BUMN sampai tahun 2034, yaitu 10 tahun ke depan salah satunya memperkuat ekosistem. Seperti contoh misalnya sekarang ini yang namanya pupuk dengan pangan kita terpisah, ke depan kita akan jadikan satu ekosistem,” kata Erick dalam Family Gathering Kementerian BUMN di di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (5/5/2024) seperti dilansir Antaranews.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Integrasi antara sektor pupuk dan pangan dianggap penting karena keduanya merupakan bagian dari satu ekosistem yang saling terkait. Namun, saat ini keduanya masih terpisah dan perlu digabungkan agar dapat berjalan secara lebih efisien.

“Pupuk dan pangan karena ini ekosistem. Tidak mungkin kita bicara pangan tanpa pupuk misalnya. Nah ini masih terpisah,” tutur Erick.

Koran Solopos

Erick juga menyoroti kekurangan dalam sektor pupuk, terutama terkait dengan ketersediaan bahan baku seperti sulfat dan fosfat.

Dalam upaya untuk menjadi produsen pupuk terbesar di dunia, Indonesia perlu memiliki kepastian pasokan bahan baku. Untuk itu, blue print BUMN hingga tahun 2034 juga memperhatikan aspek ini, dengan memberikan fokus pada kepastian pasokan bahan baku untuk industri pupuk.

“Di pupuk sendiri masih banyak kekurangannya yaitu apa? Sumber bahan bakunya seperti sulfat dan fosfat. Itu kan belum terjadi sekarang, kita juga bikin blue print, supaya apa? Kalau kita mau jadi produsen pupuk nomor lima terbesar di dunia bahkan nomor tiga terbesar di dunia, kita harus punya kepastian daripada bahan bakunya. Nah salah satunya itu yang kita dorong ke depannya,” ujar Erick.

Emagazine Solopos

Dia menyampaikan blueprint tersebut berlaku selama 10 tahun ke depan, bertujuan untuk memperkuat ekosistem BUMN.

Erick menegaskan pentingnya berpikir jangka panjang untuk memastikan keberlanjutan dan keberhasilan transformasi BUMN, yang membutuhkan waktu yang cukup lama, seperti contoh dari China yang memerlukan waktu 18 tahun untuk transformasinya.

“Kalau kita p dengan China itu perlu 18 tahun. Jadi kalau China yang sedemikian masif memperbaiki negaranya perlu 18 tahun, saya rasa tidak mungkin BUMN Indonesia lima tahun,” tutur Erick.

Interaktif Solopos

Erick menekankan bahwa blue print tersebut harus detail dan terperinci, sehingga dapat digunakan oleh siapa pun yang menggantikan posisinya di masa depan. Hal ini akan memastikan kelangsungan rencana dan proyek yang telah dilakukan sebelumnya.

Selain itu, Erick juga membahas tentang perencanaan anggaran, pembagian PMN (Penyertaan Modal Negara), dan deviden untuk tahun-tahun mendatang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kejelasan dan transparansi kepada pihak-pihak terkait, serta untuk menghindari ketidakpastian di masa mendatang.

Erick juga mencatat beberapa masalah yang muncul di masa lalu, seperti ledakan PMN yang tidak terduga dan intervensi dalam kasus korupsi seperti Jiwasraya dan Asabri. Hal ini menunjukkan pentingnya perencanaan yang matang untuk menghindari masalah serupa di masa depan.



Dia menegaskan perencanaan yang matang sangat penting mengingat kondisi ekonomi global yang semakin tidak pasti, dengan adanya perang tarif antara berbagai negara.

Persaingan ekonomi yang semakin tajam menuntut kesigapan dan kebijaksanaan dalam perencanaan dan strategi untuk menghadapi tantangan yang akan datang.

“Saya buat statement ini bukan menyalahkan siapa siapa, tapi itu introspeksi diri kita bagaimana kita harus lebih baik lagi. Karena kenapa? Kalau kita lihat sekarang globalisasi makin seram kita sudah bisa melihat bagaimana tahun depan yang namanya ekonomi ini cukup menantang,” kata Erick.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories