SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api. (Youtube)

Solopos.com, JOGJA — Belasan perjalanan kereta api dengan tujuan Jogja dihentikan sementara setelah terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 mengguncang wilayah barat daya Bantul pada Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 WIB.

Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, mengatakan ada 12 perjalanan KA yang tertahan karena dampak dari gempa bumi tersebut. Belasan kereta api itu adalah KA 240 Pasundan, KA 237 Kahuripan, KA 118 Wijaya Kusuma, KA 234 Matarmaja, KA 578 Bandara YIA, KA 217 Jayakarta, KA 87 Senja Utama Solo, KA 124 Bangunkarta, KA 93 Lodaya, KA 690F KRL Commuter Line, KA 55 Gajayan, dan KA 97 Sancaka.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Perjalanan 12 KA baik di stasiun maupun lintas sempat diberhentikan beberapa menit pascagempa. Dalam waktu tersebut para petugas dikerahkan untuk mengecek jalur KA. Pukul 20.40 WIB Daop 6 memastikan jalur KA sudah aman dilalui dan KA yang diberhentikan dapat dijalankan kembali,” kata dia, Jumat (30/6/2023) malam.

Setelah terjadi gempa, menurut Franoto, PT KAI langsung menerjunkan petugas guna mengecek jalur KA. Dia menjelaskan pemeriksaan dilakukan pada jalan rel, jembatan, dan fasilitas operasi listrik aliran atas untuk Kereta Rel Listrik (KRL).

Franoto mengimbau agar para penumpang tidak perlu khawatir karena KAI Daop 6 telah mengerahkan petugas pemeriksa dan perawatan jalur untuk bersiaga di seluruh titik sesuai wilayahnya.

“KAI Daop VI memohon maaf atas tertahannya KA tersebut selama beberapa menit karena dilakukan pengecekan jalur guna memastikan perjalanan KA aman dan selamat,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Belasan Kereta Api Berhenti Mendadak Akibat Gempa Magnitudo 6,4 Bantul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya